Ini 10 Rekomendasi Demokrat untuk Pemerintah

Ini 10 Rekomendasi Demokrat untuk Pemerintah
Ini 10 Rekomendasi Demokrat untuk Pemerintah

jpnn.com - SURABAYA - Kongres IV Partai Demokrat menghasilkan 10 rekomendasi kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berikut 10 rekomendasi Partai Demokrat sesuai yang dibacakan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono di acara penutupan kongres, Rabu (13/5) malam. (dil/jpnn)

1. Terus jaga dan hidupkan kembali iklim dan kampanye pemberantasan korupsi. Karena rakyat menginginkan Indonesia makin ke depan makin bersih dan bebas dari korupsi. Utamakan pencegahan, tetap agresif dan tanpa pandang bulu, cermat dan tidak gegabah dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka, tidak ada motif politik, serta putusan pengadilan diharapkan objektif dan adil.

2. Selamatkan KPK-Polri, agar lembaga penegak hukum itu bisa bekerja efektif. Fungsinya tak boleh terganggu karena benturan perorangan.

3. TNI-Polri harus terbebas dari lingkaran politik kekuasaan, agar tidak mengkhianati reformasi, tidak terpecah belah, kedua pihak secara sadar dan aktif harus menegakkan hubungan militer sipil yang sehat.

4. Partai Demokrat mendengar aspirasi rakyat yang menginginkan negara tetap berpihak pada rakyat kurang mampu. Oleh karena itu, kami berharap pemerintah mengembalikan dan menghidupkan kembali program prorakyat, apapun namanya, agar tercipta keadilan sosial bagi masyarakat. Jangan sampai sistem ekonomi kita diserahkan kepada pasar atau menjadi terlalu neoliberal.

5. Pembangunan infrastruktur memang sangat penting. Tapi jangan sampai APBN kita habis untuk pembangunan infrastruktur. Karena biaya itu dari APBN. Sebaliknya gunakan APBN dan APBD untuk meningkatkan kesejahteraan.

6. Jaga dan hidupkan kembali MP3EI, apapun namanya. Karena itu disusun secara bersama-sama oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN dan swasta. Tentu sebagi master plan, MP3EI tetap perlu perbaikan.

7. Saat ini ada persoalan ekonomi, perlambatan pertumbuhan, ada masalah di sektor moneter, fiskal, dan riil. Pemerintah diharapkan dapat mengelola ekonomi secara sungguh-sungguh, kebijakan tepat dan tindakan efektif. Sehingga ekonomi tumbuh, pengangguran dan kemiskinan berkurang.

SURABAYA - Kongres IV Partai Demokrat menghasilkan 10 rekomendasi kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berikut 10 rekomendasi Partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News