Kepulauan Seribu Butuh Dermaga Khusus

Kepulauan Seribu Butuh Dermaga Khusus
Kepulauan Seribu Butuh Dermaga Khusus

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memproyeksikan Kepulauan Seribu menjadi kawasan wisata laut berskala internasional. Guna menunjang visi itu, Pemerintah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu mengusulkan adanya dermaga khusus penumpang ke Pulau Seribu. Tujuannya adalah untuk mempermudah akses pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Tri Djoko Sri Margianto mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan pembangunan dermaga khusus itu ke Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya dia saat ini jumlah pengunjung ke Kepulauan Seribu meningkat signifikan. Kondisi ini memerlukan pendukung sarana dan prasarana pariwisata. Salah satunya, pelabuhan khusus penumpang ke Pulau Seribu.

“Bukan hanya memperindah kawasan wisata tapi juga menyediakan transportasi yang baik. Jadi, keterkaitan darat dengan laut itu tidak bisa dipisahkan,” ujar Tri saat dihubungi Kamis (14/5).

Kemungkinan lokasi yang akan diajukan menjadi dermaga khusus adalah tanah milik pemerintah daerah di sekitar kawasan Ancol. Pemkab Kepulauan Seribu juga bakal menggandeng pihak swasta untuk mengelola transportasi antar pulau.

“Dengan merangkul swasta kita dapat mengatur transportasi antar pulau semacam feeder dan sub feeder antar-pulau,” ujarnya. ”Saat ini, transportasi antar pulau masih belum ada,” tambahnya.

Pariwisata Kepulauan Seribu meningkat tiap tahunnya. Setiap akhir pekan dari Pelabuhan Muara Angke, jumlah pengunjung sekitar 400 hingga 500 bertolak ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Bahkan, ada yang berangkat dengan kapal barang.(jawapos)


JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memproyeksikan Kepulauan Seribu menjadi kawasan wisata laut berskala internasional. Guna menunjang visi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News