Pemerintah Indonesia Pastikan Tak Akan Usir Pengungsi Rohingnya

Pemerintah Indonesia Pastikan Tak Akan Usir Pengungsi Rohingnya
Pemerintah Indonesia Pastikan Tak Akan Usir Pengungsi Rohingnya

jpnn.com - ‎JAKARTA - Pemerintah Indonesia memastikan tidak akan mengusir warga muslim Rohingnya asal Myanmar dan Bangladesh yang terdampar di wilayah Aceh.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir di Jakarta, Kamis (14/5). Saat ini sekitar 500 warga etnis tersebut ditampung di Gedung Olah Raga Lhoksukon di Aceh Utara.  

"Walaupun Indonesia bukan anggota konferensi tentang pengungsi tahun 1951, tetapi Indonesia menerapkan nonrefoulement," ujar jubir yang akrab disapa Tata ini.

Nonrefoulement dimaksud adalah prinsip di mana sebuah negara tidak boleh mengembalikan atau mengusir para pengungsi yang tiba di negara mereka. Indonesia, tegas Tata mematuhi prinsip itu, meski Indonesia bukan tujuan para pengungsi tersebut.
 
"Karena itu yang dilakukan saat ini adalah memberikan shelter dan memberikan mereka makanan," imbuhnya.

Saat ini, pemerintah masih menginvestigasi penyebab warga Rohingya bisa terdampar di perairan Aceh Utara. Pengakuan dari mereka yang bisa berbahasa melayu, sebelumnya mereka telah mencapai perairan Malaysia. Tetapi gagal mencapai tepian laut. (flo/jpnn)

‎JAKARTA - Pemerintah Indonesia memastikan tidak akan mengusir warga muslim Rohingnya asal Myanmar dan Bangladesh yang terdampar di wilayah Aceh.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News