Vermaelen Bakal Raih Medali Liga Champion tanpa Bermain

Vermaelen Bakal Raih Medali Liga Champion tanpa Bermain
Vermaelen Bakal Raih Medali Liga Champion tanpa Bermain
Barcelona selangkah lagi menggapai gelar juara Liga Champions. Andai menang pada partai final di Berlin pada 6 Juni nanti, semua penggawa Barca berhak mendapat medali. Termasuk Thomas Vermaelen yang belum pernah bermain musim ini.Vermaelen Bakal Raih Medali Liga Champion tanpa Bermain

--- 

BARCELONA sejatinya berharap banyak kepada Vermaelen. Bek yang dibeli dari Arsenal dengan banderol 15 juta pound (sekitar Rp 308 miliar) itu digadang-gadang sebagai pilar pertahanan Barca.Skill Vermaelen memang menawan. Dia menjadi andalan di lini belakang Arsenal dan timnas Belgia.

Namun, yang terjadi jauh dari harapan. Baik dari kubu Barca maupun Vermaelen. Cedera hamstringmembuat pemain 29 tahun tersebut harus menepi dari lapangan. Belum pernah semenit pun dia membela Barca musim ini. 

Hampir sembilan bulan sejak kedatangannya di Camp Nou, Vermaelen baru sekali merasakan atmosfer pertandingan resmi di stadion. Itu terjadi akhir pekan lalu saat Barca mengalahkan Real Sociedad dalam lanjutan Liga Primera di Camp Nou. 

Selain dibekap cedera panjang, Vermaelen dihadapkan kepada kenyataan betapa ketatnya persaingan menembus tim utama Barca. Alhasil, meski kondisnya terus membaik, mantan pemain Ajax Amsterdam itu belum pernah sekali pun mendapat kesempatan membela Barca musim ini.

Padahal, entrenador Barca Luis Enrique berharap banyak kepada Vermaelen. Enrique-lah ngebetmendatangkan Vermaelen dari The Gunners -julukan Arsenal. Selain lihai berperan sebagai center-back, Vermaelen diproyeksikan menggantikan Jordi Alba menempati posisi full-back. Namun, rencana itu sirna gara-gara cedera yang menimpanya.

Meski belum pernah sekali pun turun ke lapangan musim ini, Vermaelen tetap menjadi bagian skuad Barca. Dia masuk rombongan tim Catalan tersebut saat final Liga Champions di Stadion Olimpiade, Berlin, 6 Juni nanti. Jika Barca juara, Vermaelen akan mendapat medali penghormatan. 

Regulasi UEFA terkait dengan pasal 5.04 Peraturan Liga Champions 2012-2015 menegaskan bahwa 40 medali emas diberikan kepada klub pemenang dan 40 medali perak untuk runner-up. Tidak adamedali tambahan.

Saat ini Barca mendaftarkan 21 pemain di Liga Champions. 

Jika ditambah dengan pelatih, asisten pelatih, dan ofisial, jumlah maksimal 35 orang. Vermaelen beruntung karena berhak atas jatah medali. 

Padahal, Vermaelen tidak memberikan apa-apa kepada tim. Secara hitung-hitungan finansial pun, Barca rugi. Dalam klausul kontrak pembelian Vermaelen disebutkan bahwa jika Barca meraih juara Liga Champions, klub tersebut wajib membayar uang tambahan 3,8 juta poundsterling (sekitar Rp 78 miliar) kepada Arsenal. 

Selama lima musim membela Arsenal, Vermaelen hanya mempersembahkan satu gelar Piala FA. Sebelumnya, saat membela Ajax, dia meraih satu gelar Liga Belanda dan dua gelar Piala Belanda. 

Nah, andai Barca juara dan Vermaelen mendapat medali, sesungguhnya itu bukan hal yang luar biasa. Kejadian serupa pernah terjadi pada musim 2012. Saat itu Chelsea juara setelah menang adu penalti atas Bayern Muenchen di Allianz Arena. 

Nah, UEFA tetap memberikan medali kepada kiper Chelsea Ross Turnbull yang sebenarnya tidak pernah bermain di Liga Champions musim tersebut. Dengan gagah, dia berfoto memamerkan medalinya meski tidak pernah bermain di Liga Champions dan kompetisi lokal dalam lima musim terakhir.

Hal sama terjadi pada bek tengah Manchester United David May pada musim 1999. Dia larut dalam kegembiraan pasukan Setan Merah saat menjadi kampiun Liga Champions 1999 di Camp Nou.

Mencetak 40 medali untuk sang juara juga terjadi di Liga Inggris. Hanya, FA (Federasi Sepak Bola Inggris) memberlakukan aturan ketat. Hanya pemain yang pernah mengemas caps minimal lima gameyang berhak mendapat medali dan naik ke podium. (wam/c4/ca)


Barcelona selangkah lagi menggapai gelar juara Liga Champions. Andai menang pada partai final di Berlin pada 6 Juni nanti, semua penggawa Barca berhak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News