Hari Ini, UN SMA Diumumkan

Hari Ini, UN SMA Diumumkan
Hari Ini, UN SMA Diumumkan. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com MALANG – Pengumuman kelulusan siswa SMA, SMK sederajat akan dilaksanakan pada Jumat (15/5) hari ini. Hal itu sesuai dengan Prosedur Operasional Sekolah (POS) UN yang diterbitkan 13 Maret lalu.

Untuk nilai UN, Kasi Kurikulum Dikmen Disdik Kota Malang Budiono telah dikirimkan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke Dinas Pendidikan Provinsi pada 6 Mei lalu. Sedangkan masing-masing kota atau kabupaten melakukan pengambilan nilai, Selasa (12/5) di Surabaya.

”Jadi sekalian ngambil nilai UN juga membahas masalah penerimaan peserta didik baru. Meski penerimaan ini tergantung wilayah masing-masing namun harus tetap berada dalam naungan provinsi,” ujar Budiono kepada Malang Post (Grup JPNN.com).

Pengumuman kelulusan, menurut Budi bisa dilakukan molor dari yang ditetapkan yakni 15 Mei. Semuanya tergantung kesiapan sekolah dan selesainya pelaksanaan rapat pleno.

Dalam POS tersebut juga dijelaskan bahwa kelulusan peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru. Menurut Budi, berbeda dari tahun lalu, kelulusan siswa harus melewati proses rapat pleno yang dihadiri oleh seluruh dewan guru yang ada dalam sekolah terkait. Dalam rapat itu, guru akan merapatkan permasalahan kelulusan siswa.

”Rapat pleno itu hukumnya wajib untuk membicarakan kelulusan siswa agar fix” ungkap Budiono.

Rapat pleno itu bersifat internal dan tertutup. Pelaksanaannya pun tergantung sekolah masing-masing karena kewenangan kelulusan ada ditangan masing-masing sekolah.

Dalam POS UN 2015, peserta didik dinyatakan lulus dari sekolah jika berhasil menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik dan lulus Ujian Sekolah atau Madrasah.

JPNN.com MALANG – Pengumuman kelulusan siswa SMA, SMK sederajat akan dilaksanakan pada Jumat (15/5) hari ini. Hal itu sesuai dengan Prosedur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News