Jogja Masuk Nominasi Kota Cerdas

Jogja Masuk Nominasi Kota Cerdas
Foto: Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - JOGJA –  Institute Teknologi Bandung (ITB) memasukkan Jogja menjadi satu dari 32 kota yang masuk nominasi kota cerdas.

Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIT) Sekretariat Kota (Setkot) Jogja Sukadarisman mengatakan, saat ini penilaian sudah tahap kedua. Pada tahap pertama lalu, Kota Jogja lolos bersama dengan 31 kota lain dari 90 kota yang dinilai.

Hanya saja untuk bisa mendapatkan predikat Kota Cerdas 2015, tidak mudah. Sebab, Kota Jogja harus bersaing dengan kota-kota lain. Mereka memenuhi syarat untuk cerdas ekonomi, cerdas lingkungan, dan cerdas sosial. ”Semua syarat itu pasti ada indikatornya penilaiannya,” ujar Sukadarisman.

Untuk penilaian ketiga parameter itu, lanjut Kadar, sapaan akrabnya, tim penilai sudah datang ke Jogja. Bagian TIT juga telah menunjukkan beberapa pemanfaatan teknologi dan inovasi kebijakan di tiga kategori tersebut.

Bahkan, tim tersebut juga mengecek langsung. Misalnya untuk bidang ekonomi, tim dari ITB ini langsung mendatangi sentra-sentra UMKM di Kota Jogja. Juga beberapa pasar tradisional.

"Yang paling penting adalah kebijakan dari pemerintah untuk bidang ekonomi itu sejauh mana?” lanjutnya.

Kemudian untuk bidang sosial. Tim ini melihat langsung ke sosial masyarakat. “Juga bagaimana pemanfaatan teknologi informasi mengenai penanganan masalah-masalah sosial ini,” paparnya.

Tak kalah penting yakni bidang pendidikan dan kesehatan. Kedua bidang ini menjadi perhatian utama. Ini terkait pemanfaatan teknologi informasi dan dari lingkungan terkait penanganan polusi udara.

JOGJA –  Institute Teknologi Bandung (ITB) memasukkan Jogja menjadi satu dari 32 kota yang masuk nominasi kota cerdas. Kepala Bagian Teknologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News