201 Siswa SMA Asal Sibolga Lolos ke PTN Tanpa Tes

201 Siswa SMA Asal Sibolga Lolos ke PTN Tanpa Tes
Foto ilustrasi. dok.Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - SIBOLGA – Sebanyak 201 pelajar SMA/sederajat asal Kota Sibolga diterima di 30 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia lewat jalur tanpa tes.

Di luar jalur itu, dipastikan jumlahnya akan bertambah lagi, karena ujian penerimaan masuk PTN belum dilaksanakan.

Kadis Pendidikan Kota Sibolga Alpian Hutauruk  mengatakan, ke 201 siswa/i yang diterima tanpa testing di 30 PTN tersebut di antaranya, sebanyak 74 orang di Universitas Sumatera Utara (USU), 54 orang di Universitas Negeri Medan), 13 orang di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, 8 orang di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Selain itu, 7 orang di Univversitas Malikussaleh  Banda Aceh, 6 orang di Universitas Brawijaya Malang, 5 orang di Politehnik Medan (Polimed), 4 orang Universitas Riau (UNRI) Pekan Baru, 3 orang Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjkarta,  3 orang UNJ Jakarta, 1 orang di Institut Tehnologi Bandung (ITB) dan  Universitas lainnya.

“Para siswa/i ini berasal dari SMA Negeri 1 Sibolga sebanyak 67 orang, SMA Negeri 2 Sibolga sebanyak 48 orang, SMA Negeri 3 Sibolga sebanyak 15 orang,  SMA Negeri 4 Sibolga sebanyak 15 orang dan MAN 12 orang,” kata Alpian.

Selanjutnya, sambung Apfian, dari SMK Negeri 1 Sibolga sebanyak empat orang, SMK Negeri 3 Sibolga satu orang, SMA swasta Katolik Sibolga 20 orang, SMA Tri Ratna Sibolga sembilan orang, SMA Muhammadyah empat orang, SMA Swasta HKBP tiga orang, MA Darur Rachmad satu orang, dan SMK Al-Maarif satu orang.

“Kepada masing-masing siswa yang diterima di PTN  se-Indonesia tersebut  akan diberi bantuan Rp1 juta per orang  oleh Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk,” tuturnya.

Bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sibolga yang ditampung di anggaran Disdik kota Sibolga tahun 2015. (rb/sam/jpnn)

SIBOLGA – Sebanyak 201 pelajar SMA/sederajat asal Kota Sibolga diterima di 30 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia lewat jalur tanpa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News