Parade Jawara Piala Sudirman Sejak 1989

Parade Jawara Piala Sudirman Sejak 1989
Trofi Sudirman Cup. Foto: ist

jpnn.com - SEJAK Piala Sudirman digulirkan pada tahun 1989, baru tiga negara yang sanggup menjadi juara.

Tiongkok, Korea Selatan dan Indonesia sudah pernah menjamah trofi kejuaraan beregu campuran yang memiliki tinggi 80 cm, dengan berat 600 gram dan berlapis emas 22 karat itu.

Indonesia sukses menjadi kampiun saat ajang digelar pertama kali 1989. Itu terjadi di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Di final tim Merah Putih mengalahkan Korea Selatan 3-2. Laga puncak saat itu berlangsung begitu dramatis. Indonesia sempat tertinggal 0-2.

Ganda putra Eddy Hartono/Rudy Gunawan kalah dari ganda legendaris Korea; Park Joo Bong/Kim Moon Soo. Kemudian ganda putri Verawaty Fajrin/Yanti Kusmiati juga keok dari Hwang Hye Young/Chung Soo Young.

Nah, Indonesia mulai bangkit dari partai ketiga. Susi Susanti menang atas Lee Young Suk. Kemudian Eddy Kurniawan menyamakan kedudukan usai mengatasi Sung Han Kok.

Akhirnya ganda campuran Eddy Hartono/Verawaty Fajrin memastikan gelar juara usai mengalahkan Park Joo Bong/Chung Soo Young. Setelah itu, Merah Putih tak pernah lagi berkibar paling tinggi di ajang dua tahunan ini. (adk/jpnn)

Berikut partai final Sudirman Cup

SEJAK Piala Sudirman digulirkan pada tahun 1989, baru tiga negara yang sanggup menjadi juara. Tiongkok, Korea Selatan dan Indonesia sudah pernah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News