Beranikah Sekjen PBB Kritik AS Terkait Vonis Mati untuk Dzhokhar Tsarnaev?

Beranikah Sekjen PBB Kritik AS Terkait Vonis Mati untuk Dzhokhar Tsarnaev?
Sekjen PBB, Ban Ki Moon. Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA - Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana mempertanyakan sikap Sekjen PBB, Ban Ki Moon, saat pelaku bom maraton di Boston Dzhokhar Tsarnaev  dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Amerika Serikat. Pasalnya, Ban Ki Moon sempat beberapa kali mengkritik Indonesia atas pelaksanaan hukuman mati terpidana kasus narkoba.

"Apakah Ban Ki Moon berani mengeluarkan kritik dan ceramahnya kepada AS sama ketika Indonesia akan melaksanakan hukuman mati atas Andrew Chan dan Myuran Syukumaran?," tutur Hikmahanto pada JPNN, Minggu (17/5).

Putusan pengadilan tersebut, kata dia, adalah kedaulatan Amerika Serikat yang wajib dihormati oleh negara lain, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hikmahanto menduga, Ban Ki Moon akan diam seribu bahasa dengan alasan yang menjatuhi hukuman mati tersebut adalah negara besar seperti Amerika.

"Apakah beliau akan diam seribu bahasa dengan alasan bahwa hukuman mati pantas dilakukan terhadap pelaku teror, atau karena pelaku teror adalah warga negara AS yang berasal dari Kyrgyztan yang mayoritas beragama Islam? Jawaban ini semua terpulang pada Sekjen PBB," imbuh Hikmahanto.

Menurut Hikmahanto, jika Sekjen PBB diam tidak memberi komentar maka benar saat Indonesia melaksanakan hukuman mati, Sekjen PBB lebih berpihak pada negara-negara tertentu.

"Ini menjadi pelajaran bagi siapapun penyelenggara di bidang urusan luar negeri agar tidak sekali-kali gentar dengan kritikan dan tekanan dari luar negeri, termasuk PBB," tandas Hikmahanto. (flo/jpnn)


JAKARTA - Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana mempertanyakan sikap Sekjen PBB, Ban Ki Moon, saat pelaku bom maraton di Boston Dzhokhar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News