Hasil UN Tinggi Diperoleh Curang, Indeks Integritas Rerata SMA/SMK Rendah

Hasil UN Tinggi Diperoleh Curang, Indeks Integritas Rerata SMA/SMK Rendah
Hasil UN Tinggi Diperoleh Curang, Indeks Integritas Rerata SMA/SMK Rendah. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA -- Hasil ujian nasional (UN) jenjang pendidikan SMA/SMK rata-rata tinggi. Hanya saja untuk indeks integritas UN masih rendah.

"Dari hasil UN SMA/SMK, banyak sekolah yang nilainya tinggi. Hanya saja nilai tinggi ini diperoleh dengan cara curang, makanya dari hasil pemetaan, indeks integritas UN rerata SMA/SMK masih sangat rendah," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dalam jumpa pers di kantornya, Senin (18/5).

Meski begitu, Anies mengatakan ini bukanlah akhir dari proses. Adanya fakta nilai kejujuran masih memprihatinkan, ini karena sudah lama ada sikap diam dan mendiamkan.

"Indeks integritas UN bukan sekadar ditujukan untuk menjadi bahan perbaikan integritas proses pendidikan di siswa, guru, dan sekolah. Ini merupakan mengembalikan praktik kejujuran dan berintegritas di seluruh aspek kehidupan bangsa," bebernya.

Menteri Anies meminta, tahun depan pihak sekolah dan kepala daerah meningkatkan indeks integritas UN. Prestasi tinggi perlu, namun nilainya jadi tak bermakna bila diperoleh dengan cara curang. (esy/jpnn)


JPNN.com JAKARTA -- Hasil ujian nasional (UN) jenjang pendidikan SMA/SMK rata-rata tinggi. Hanya saja untuk indeks integritas UN masih rendah. "Dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News