Pengamat Ini Sebut Menteri Susi Banyak Pencitraan

Pengamat Ini Sebut Menteri Susi Banyak Pencitraan
Pengamat Ini Sebut Menteri Susi Banyak Pencitraan

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat kemaritiman Y Paonganan mengatakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selama ini hanya melakukan pencitraan dalam menangani kasus illegal fishing.

Dia menilai, aksi penanganan perkara illegal fishing yang dipamerkan Susi sejauh ini lebih banyak pada pencitraan semata. Menurut Paonganan, Susi tidak akan mampu menyelesaikan persoalan illegal fishing yang sudah kronis keberadaannya di Indonesia.

"Illegal fishing itu seperti memberantas prostitusi karena di dalamnya (diduga) melibatkan (oknum) pengusaha, pejabat negara dalam praktiknya,” kata Paonganan di Jakarta, Senin (18/5).

Dia mengatakan, harusnya pihak-pihak terkait duduk bersama dalam memberangus illegal fishing. Sebab, memberantas illegal fishing itu tidak cukup hanya meledakkan atau membakar kapal. “Itu sama saja terlalu banyak pencitraannya," ungkap Paonganan.

Pria yang karib disapa Ongen ini mengatakan, masyarakat harusnya cermat dan jangan terbujuk dengan aksi penenggelaman atau peledakan kapal. "Semua kapal itu ditenggelamkan karena sudah ingkrah. Jadi bukan tiba-tiba dia nangkap langsung diledakan," katanya.

Dia juga mengaku tak setuju dengan peledakan kapal. “Kalau diledakan, coba dipikir berapa biaya operasional kapal perang untuk meledakannya. Makin rugi negara ini," tegas Ongen. (boy/jpnn)

 

 


JAKARTA - Pengamat kemaritiman Y Paonganan mengatakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selama ini hanya melakukan pencitraan dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News