Takut Rekor Rusak, Mayweather Diperkirakan Tolak Tantangan Golovkin

Takut Rekor Rusak, Mayweather Diperkirakan Tolak Tantangan Golovkin
Gennady Golovkin

jpnn.com - LAS VEGAS - Setelah memukul jatuh Willie Monroe Jr dalam pertarungan mempertahankan gelar IBO/WBA kelas menengah, Minggu (17/5), Gennady Golovkin melontarkan tantangan untuk menjadi lawan terakhir Floyd Mayweather Jr, bulan September nanti. 

Tapi petinju yang juga memiliki rekor tak terkalahkan ini (33-0, 30 KO), mensyaratkan ia harus mendapat bayaran besar dalam laga tersebut. Pelatihnya, Abel Sanchez mengatakan bahwa anak asuhnyalah satu-satunya lawan yang bisa menghentikan rekor tak terkalahkan Mayweather.
 
Untuk menunjukkan keseriusan mereka, Sanchez mengaku bahwa petinjunya bersedia menurunkan berat badan agar bisa bertarung di kelas yang saat ini dihuni Mayweather (kelas menengah ringan/69 kg). 

"Ini adalah bisnis. Jadi segera tunjukkan saya kontraknya," kata Golovkin ketika ditanya tentang rencana pertarungan lawan Mayweather usai mengalahkan Willie Monroe, seperti dilansir Boxing News. 

"Hanya untuk Flyod, tapi jika untuk Canelo Alvarez, kami tak ingin turun berat. Canelo tak pernah bertarung dengan berat 69 kg pada tiga partarungan terakhirnya. Saya yakin ia lebih memilih naik ke berat 72 kg, tapi untuk Flyod, kami bersedia untuk turun berat badan,” timpal sang pelatih.

Sebagai informasi kelas menenengah atau middleweight beratnya antara 70-72 kg. Mayweather pasti akan membuat publik terkejut jika ia berani bertarung lawan Golovkin dengan berat 69 kg. Petinju yang dijuluki "The Money" ini pernah menghadapi Canelo Alvarez di kisaran berat 68 kg pada tahun 2013. 

Ketika itu ia berhasil menang angka mutlak. Tapi itu adalah Alvarez yang tak punya stamina sekuat Golovkin, tak punya pukulan sekeras Golovkin, dan yang paling terlihat adalah ia tak punya kecerdikan serta pengalaman seperti Golovkin.  

Tak heran, banyak pengamat yang memperkirakan bahwa Mayweather akan menolak proposal pertarungan lawan petinju asal Kazakhstan ini karena dianggap terlalu berisiko dan bisa merusak rekor sempurna, tak terkalahkan dalam 48 laga miliknya.

Selama Golovkin tak harus turun berat terlalu banyak, maka ia akan sangat berbahaya untuk seorang Mayweahter yang belum pernah sekalipun menghadapi petinju yang benar-benar bagus dengan berat 69 kg. 

LAS VEGAS - Setelah memukul jatuh Willie Monroe Jr dalam pertarungan mempertahankan gelar IBO/WBA kelas menengah, Minggu (17/5), Gennady Golovkin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News