Ini Pesan Menteri Anies Pada Ilmuwan Muda Indonesia

Ini Pesan Menteri Anies Pada Ilmuwan Muda Indonesia
FOTO: I Dewa Ary Palguna (kanan) dan I Kadek Sudiarsana (kiri), salah satu pemenang grand awards di ajang Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2015, yang digelar di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Foto Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyampaikan apresiasi pada para ilmuwan muda yang baru berlaga di Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2015 di Pittsburgh, Amerika Serikat (AS).

Anies meminta agar para ilmuwan muda itu menyampaikan keberhasilan tersebut kepada seluruh anak muda lainnya. Anies yakin, dengan cara tersebut akan banyak anak muda yang termotivasi melakukan hal positif untuk bangsa.

"Saya ingin Anda-anda di sini memproyeksikan pengalaman yang kalian dapatkan selama ini. Gambarkan rasa itu, ceritakan melalui foto-foto Anda, yang Anda raih saat ini bisa dijadikan motivasi untuk adek-adek kelas kalian," ujar Anies di kantornya, Jakarta.

Anies mengaku pernah punya pengalaman seperti itu. Yakni, ketika mendengar kakak kelasnya yang berprestasi bisa ke luar negeri mengharumkan nama Indonesia.

“saya jadi ingin seperti dia. Itu saya baru dengar dari orang lain. Bayangkan bagaimana seandainya kalau saya saat itu bisa tahu secara detail cerita keberhasilan dia," kenang Anies.

Meski demikian, mantan rektor Universitas Paramadina ini juga mengingatkan mereka agar tidak pelit dalam berbagi ilmu kepada orang lain. Dia berharap ilmuwan muda itu medorong generasi muda supaya berprestasi.

"Anda ini elite, karena Anda-anda ini terpilih bisa ke sana, tidak sembarangan orang. Ceritakan itu kepada teman-teman Anda. Ingat, kalian harus elite tapi jangan jadi eksklusif. Bangun hubungan baik dengan teman-teman Anda di luar negeri. Itu sangat baik," tutur Anies. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyampaikan apresiasi pada para ilmuwan muda yang baru berlaga di Intel International


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News