Beginilah Kronologis Evakuasi Jenazah Erri Yunanto

Beginilah Kronologis Evakuasi Jenazah Erri Yunanto
Foto: Jawa Pos Grup

jpnn.com - BOYOLALI – Tim evakuasi Erri Yunanto, 21, memastikan warga Sleman, Jogjakarta, itu sudah meninggal dan berhasil dievakuasi dari kawah Gunung Merapi.

Komandan Tim Operasi Evakuasi Suwiknya menerangkan, evakuasi vertikal hari ketiga dimulai tepat pukul 09.27. Evakuasi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya, Jogjakarta, itu memang tidak mudah. Tim sampai melakukan tiga kali upaya evakuasi hingga korban berhasil diangkat.

Pada evakuasi hari kedua Selasa (19/5), korban diangkat 50 meter dari lokasi jatuh di dasar kawah. Tepat pukul 11.41, jenazah Erri berhasil sampai di titik aman di bibir kawah. Pengangkatan korban menggunakan sistem hauling, yakni pengangkatan vertikal dengan tali-temali.

Pengangkatan korban dari kedalaman 200 meter dari bibir kawah dilakukan secara estafet. ’’Evakuasi dilanjutkan dengan persiapan evakuasi darat, yakni membawa korban dari puncak gunung ke bawah,’’ terang Suwiknya.

Menurut dia, suhu di sekitar kawah saat pengangkatan jenazah 30–37 derajat Celsius. Dalam evakuasi tersebut, tim tidak turun ke kawah. Sebab, pemasangan tali-temali untuk evakuasi vertikal dan jalur evakuasi sudah disiapkan sehari sebelumnya. ’’Pengangkatan berjalan lancar,’’ terangnya.

Menurut Irwan Santoso, anggota tim evakuasi, topografi medan cukup sulit dengan kemiringan tebing bervariasi, yakni 45 derajat hingga tebing vertikal 90 derajat. Selain kondisi tebing yang tersusun dari batuan muda yang rapuh, faktor nonteknis seperti gas beracun serta panasnya suhu sangat menyulitkan evakuasi.

Operasi pengangkatan korban itu melibatkan 40 petugas dari SAR Boyolali, SAR Klaten, Basarnas, serta Relawan Barameru. Sesuai dengan arahan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), tim evakuasi melengkapi diri dengan alat survival, termasuk tabung oksigen hingga baju khusus penahan panas.

’’Tim evakuasi yang terlibat seluruhnya sudah punya kualifikasi di bidang rescue. Teknik yang dipakai benar-benar sesuai dengan prosedur,’’ jelasnya.

BOYOLALI – Tim evakuasi Erri Yunanto, 21, memastikan warga Sleman, Jogjakarta, itu sudah meninggal dan berhasil dievakuasi dari kawah Gunung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News