Kapolda : Di Kampung Saya juga Ada Ladang Ganja

Kapolda : Di Kampung Saya juga Ada Ladang Ganja
Foto: ilustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - BANDA ACEH - Bukan rahasia lagi, banyak sekali ladang ganja di kawasan hutan di Aceh. Bahkan di kampung orang nomor satu di Polda Aceh, Irjen Husein Hamidi, juga dketahui terdapat perladangan barang haram ini.

Hal ini diungkapkap sendiri Kapolda Aceh Irjen Husein Hamidi dalam sambutannya pada pelaksanaan pemusnahan barang bukti narkoba berupa ganja dan sabu, di Halaman Belakang Mapoda Aceh, Selasa (19/7).

Hadir pada pelaksanaan pemusnahan Kajari Banda Aceh, perwakilan Pangdam IM, perwakilan PN Aceh dan Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal.

"Memang sangat memiriskan dan harus diakui, nyaris di setiap jengkal daerah di Aceh terdapat perladangan ganja. Bahkan di kampung saya di Pidie juga ada perladangan ganja," ungkap Kapolda.

Disampaikannya, berdasarkan hasil operasi anti narkotika (antik) Rencong Aceh 2015, beberapa daerah yang terdapat perladangan ganja yakni terbesar di Aceh Besar, kemudian Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Barat Daya, Aceh Utara,  Aceh Selatan dan Pidie.

Kapolda asal Pidie ini kemudian bercerita, dia pernah melakukan kunjungan ke daerah kampung halamannya sekaligus sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat dan pemuda disana.

”Yang sedihnya, besok saya mendapat laporan, ada tersangka yang diamankan di Pidie sana karena terlibat narkoba,” ungkapnya yang disambut ketawa para hadirin yang ada di acara pemusnahan narkoba tersebut.

Untuk itulah, dalam pemberantasan narkoba jenis ganja, memfokuskan penegakan di hulu daripada di hilir. "Pemberantasan narkoba kita fokuskan dengan penegakan di hulu yakni memberangus perladangan ganja. Sangat jauh hasilnya kalau penegakan di hilir, paling yang kita tangkap hanya empat atau lima kilogram," tukas Irjen Husein Hamidi.

BANDA ACEH - Bukan rahasia lagi, banyak sekali ladang ganja di kawasan hutan di Aceh. Bahkan di kampung orang nomor satu di Polda Aceh, Irjen Husein

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News