Tedjo Pastikan Pemerintah RI Urus Pengungsi Rohingya

Tedjo Pastikan Pemerintah RI Urus Pengungsi Rohingya
Imigran Rohingya. Foto: Rakyat Aceh/JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Pemerintah akan menampung para pengungsi Rohingya yang sudah masuk ke tanah air.

Menkopolhukkam Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, setelah ada pembicaraan tingkat para Menteri Luar Negeri bahwa Indonesia dan Malaysia bisa menerima mereka yang sudah masuk ke dalam.

Menurutnya, mereka akan ditangani secara kemanusiaan dengan melibatkan pemerintah daerah, pusat, UNHCR, dan IOM selama setahun.

"Tapi, kita tidak mengundang mereka masuk ke sini. Tapi yang sudah masuk akan ditangani secara baik, secara kemanusiaan," kata Tedjo di Kejaksaan Agung, Kamis (21/5).

Dia mengatakan, para pengungsi itu harus terkoordinir dengan baik. Jangan sampai menimbulkan masalah sosial di masyarakat. Karenanya, kata dia, para pengungsi itu harus ditempatkan di lokasi yang baik.

"Makanya, harus melibatkan yang tadi saya sebutkan untuk menangani masalah pengungsi yang sudah ada di Indonesia," kata dia.

Menurut Tedjo, sementara ini dari IOM sudah menyanggupi mendanai mereka selama di pengungsian. Sedangkan kemarin, kata dia, Presiden dan Wapres menyampaikan bahwa mereka diberi waktu setahun. "Kalau sekarang ini masih didanai pusat dan daerah. Itu akan ada rembes," kata dia. (boy/jpnn)

 


JAKARTA -- Pemerintah akan menampung para pengungsi Rohingya yang sudah masuk ke tanah air. Menkopolhukkam Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, setelah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News