Menkominfo Dorong Batam Jadi Hub Kabel Laut

Menkominfo Dorong Batam Jadi Hub Kabel Laut
Rudiantara

jpnn.com - BATAM KOTA - Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara berkunjung ke kantor Badan Pengusahaan Batam, Kamis (21/5) kemarin. Kunjungannya dalam rangka meninjau perkembangan telekomunikasi di Batam, Kepri. Rencananya Batam mau dijadikan sebagai hub jaringan kabel laut.

"Kita akan dorong Batam sebagai sentral kabel laut. Terutama untuk yang keluar negeri. Jadi kita tidak tergantung kepada negara lain," katanya.

Menurut Rudiantara, Batam yang memiliki lautan luas dan berbatasan dengan negara tetangga sudah selayaknya dikembangkan.

terutama untuk keluar negeri. Jadi kita jadikan Batam sentral dan kita tidak tergantung kepada negara tetangga lagi. Dan memang upaya menjadikan Batam sebagai hub kabel laut ini sudah ada titik awal.

Misalnya di Tanjung Memban, Nongsa yang sudah berdiri beberapa operator telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, Moratel, dan NAP.

"Itu ada yang keluar negeri dan yang di dalam negeri. Jadi kita benar jadikan Batam sebagai hub," katanya.

Ditanya mengenai kemungkinan panjang kabel atau nilai Investasi untuk menjadikan Batam, sebagai hub, Rudiantara enggan membeberkan. Tetapi ia menegaskan bahwa diupayakan akan memberikan insentif kepada semua operator  yang menjadikan Batam sebagai hub, terutama untuk jaringan internasional.

"Tetapi insentifnya adalah pelayanan. Misalnya kita melakukan penjagaan terhadap aset mereka. Singapura melakukan hal yang sama. Kalaupun tidak bisa sama seperti Singapura, paling tidak kita berupaya melakukan upaya menyamai mereka," katanya.

BATAM KOTA - Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara berkunjung ke kantor Badan Pengusahaan Batam, Kamis (21/5) kemarin. Kunjungannya dalam rangka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News