Sedih....Kota Eksotis Ini Dikuasai ISIS, semoga tak Dihancurkan

Sedih....Kota Eksotis Ini Dikuasai ISIS, semoga tak Dihancurkan
DI AMBANG KEHANCURAN: Palmyra yang berjarak 215 kilometer timur laut Damaskus begitu eksotis dalam foto yang diambil pada 14 Maret 2014 lalu. Militan mengambil alih kota kuno itu Kamis (21/5). Foto: Joseph Eid/AFP Photo

jpnn.com - DAMASKUS – Setelah menguasai Ramadi yang merupakan kota terbesar di Iraq, Islamic State (IS), Kamis (21/5), berhasil menaklukkan kota tua Palmyra, Syria. Pengamat Hak Asasi Manusia (HAM) Syria melaporkan bahwa militan yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) itu telah berkuasa penuh di kota tersebut.

’’Militan ISIS saat ini berada di berbagai penjuru Tadmur, termasuk di dekat area situs arkeologi,’’ ujar Kepala Pengamat HAM Syria Rami Abdel Rahman.

Palmyra merupakan wilayah di dalam Kota Tadmur. Itu adalah kali pertama ISIS merebut kota secara langsung dari pasukan militer Presiden Syria Bashar al-Asaad. Saat ini ISIS telah mengontrol lebih dari separo wilayah di Syria.

Aktivis dari Palmyra Mohammad Hassan al-Homsi menegaskan bahwa serangan untuk merebut kota itu dilakukan sejak 13 Mei lalu. Terhitung sejak serangan tersebut hingga Kamis (21/5), tercatat 462 orang tewas. Sebanyak 71 orang di antara korban tewas adalah warga sipil yang dieksekusi ISIS.

Al-Homsi menambahkan, tentara Syria telah kalah dan mundur tanpa perlawanan sejak Rabu malam (20/5). Dalam semalam tersebut, terdapat sekitar seratus tentara Syria tewas. ISIS telah menguasai bandara militer, tahanan, markas pasukan intelijen Syria, dan berbagai gedung penting lainnya.

Kemenangan terbaru ISIS itu membuat berbagai pihak ketir-ketir. Kota tersebut merupakan wilayah strategis di persimpangan jalan raya utama menuju Damaskus dan Homs. Di sekeliling Palmyra juga terdapat kilang-kilang minyak besar.

’’Palmyra adalah wilayah yang strategis dan sekarang ini bisa menjadi pijakan (bagi ISIS) untuk menguasai Homs dan Damaskus,’’ ujar Kepala Analis Pertahanan dan Intelejen HIS Jane Mathew Henman.

Bukan hanya itu, kota tua Palmyra menyimpan berbagai situs bersejarah yang berusia ribuan tahun. Di dalam wilayah kota tua Palmyra terdapat reruntuhan koloseum, kuil, dan berbagai bangunan lain yang ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

DAMASKUS – Setelah menguasai Ramadi yang merupakan kota terbesar di Iraq, Islamic State (IS), Kamis (21/5), berhasil menaklukkan kota tua Palmyra,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News