Geser Pabrik Inka ke Gresik, Menteri Rini Manfaatkan Bekas Ladang Garam

Geser Pabrik Inka ke Gresik, Menteri Rini Manfaatkan Bekas Ladang Garam
Rini Soemarno

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berencana bakal memindahkan PT Industri Kereta Api Indonesia (Inka) dari Madiun ke Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Lahan seluas 280 hektare tersebut merupakan bekas ladang garam milik PT Garam yang sudah tidak produktif lagi. Direktur Utama PT Garam Usman Perdanakusuma mengaku tidak keberatan dengan rencana tersebut.

"Sebagai bentuk dukungan kami terhadap sinergi BUMN. Kami siap melepaskan aset kami itu untuk PT Inka," kata Usman dalam siaran persnya, Kamis (21/5).

Nantinya sambung Usman, 50 hektare akan digunakan oleh Inka, sementara sisa lahannya seluas 230 hektare bakal dijadikan area pergudangan dan juga kawasan industri lain. Di samping itu, juga akan dibuatkan jalur kereta api menuju pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

"Bagi PT Garam sinergi ini dapat memberi nilai tambah, karena lahan di Manyar itu sudah tidak produktif untuk produksi garam. Untuk pergudangan kami akan kerjasama dengan Pelindo III karena lokasinya memang segaris dengan Pelindo III," tandasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berencana bakal memindahkan PT Industri Kereta Api Indonesia (Inka) dari Madiun ke


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News