YLKI: Usut Tuntas Pengedar Beras Plastik!

YLKI: Usut Tuntas Pengedar Beras Plastik!
YLKI mendesak Kemendag mengusut tuntas kasus beras plastik. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera mengusut tuntas beredarnya beras plastik yang sudah meresahkan masyarakat.

Terlebih, dugaan adanya beras plastik yang ditemukan di Pasar Bekasi, ternyata terbukti mengandung unsur kabel, keramik dan pipa paralon.

"Temuan tersebut menghentak kesadaran masyarakat luas. YLKI mendesak Kemendag untuk mengusut pengedar dan pembuat beras plastik tersebut, mulai dari sisi hulu sampai dengan hilir," ujar Anggota Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi kepada JPNN.com, Jumat (22/5).

Termasuk kalau beras tersebut merupakan beras impor. "Pelakunya harus diproses secara pidana. Cabut izin impornya jika beras tersebut adalah beras impor," pinta Tulus.

Selain itu, sambung Tulus, Kemendag dan Pemda Bekasi dan pimpinan daerah juga harus melakukan inspeksi mendadak di semua pasar tradisional dan melakukan uji labolatorium, seperti yang dilakukan Sucofindo.

Atas adanya temuan tersebut, Tulus meminta supaya masyarakat lebih waspada lagi dan teliti dalam membeli beras. "Jangan tergiur harga yang murah. Cermati fisik beras. Jika meragukan, tinggalkan dan jangan dibeli," tegasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera mengusut tuntas beredarnya beras plastik yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News