Duh! Sang Pangeran Ragukan HB X Terima Dawuh dari Leluhur

Duh! Sang Pangeran Ragukan HB X Terima Dawuh dari Leluhur
Dari kiri RM Oggy Santigi, GBPH Hadisuryo, GBRAy Murdokusumo, dan istri RM Oggy Santigi saat menjelaskan kepada wartawan hasil pertemuannya dengan HB X. Foto: Setiaky/Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - JOGJA - GBPH Hadisuryo, putra Sri Sultan HB IX yang lahir dari istri pertama Kanjeng Raden Ayu (KRAy) Pintoko Purnomo, dan Gusti Murdokusumo didampingi keponakannya, RM Oggy Santigi, bertemu dengan HB X, Rabu (21/5).

Oggy adalah putra dari GKR Anom Adibroto, putri sulung HB IX, atau kakak beda ibu dari HB X. Sama seperti Murdokusumo dan Hadisuryo, GKR Anom merupakan putri HB IX yang lahir dari istri pertama, KRAy Pintoko Purnomo.

Mereka punya dua saudara kandung lainnya yakni KGPH Hadikusumo dan GBRAy Darmokusumo.  GKR Anom dan KGPH Hadikusumo telah meninggal dunia beberapa tahun lalu.

Pertemuan antara HB X dengan saudara-saudaranya itu berjalan sekitar satu jam, pukul 7.30-8.30. Mereka diterima di Gedong Jene. Di masa lalu, Gedong Jene menjadi tempat tinggal dan kantor sehari-hari ayah mereka, HB IX, bila berada di Jogja.

Saat pertemuan HB X mengenakan busana Jawa jangkep  seorang raja. “Kami juga kaget melihat busana yang dipakai Ngarsa Dalem  (HB X) karena tidak biasanya beliau menerima kami dengan busana seperti ini,” ungkap Gusti Murdo yang juga terhitung masih kakak HB X.

Selama pertemuan itu, HB X menjelaskan banyak hal. Terkait sabdaraja dan dawuhraja  dilakukan karena dirinya merasa mendapatkan dawuh atau perintah dari Allah melalui leluhurnya.

Di antara leluhur yang menyampaikan wangsit adalah Panembahan Senopati, HB I, HB VII, dan HB IX. Di depan kakaknya itu, Gusti Hadisuryo sempat mempertanyakan kenapa penyampaian sabdaraja dan dawuhraja terkesan dilakukan terburu-buru dan tidak pernah didiskusikan dengan saudara-saudara HB X lainnya.

“Gara-gara itu sekarang menjadi masalah,” sesalnya.  Pangeran yang di masa mudanya bernama BRM Kasworo ini mengaku tak bisa mempercayai 100 persen adanya dawuh dari para leluhur tersebut. Tak pelak dalam pertemuan itu, penjelasan HB X tidak dapat diterima.

JOGJA - GBPH Hadisuryo, putra Sri Sultan HB IX yang lahir dari istri pertama Kanjeng Raden Ayu (KRAy) Pintoko Purnomo, dan Gusti Murdokusumo didampingi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News