Wah..wah...Perempuan Sombong Putri Bos Maskapai itu Bebas

Wah..wah...Perempuan Sombong Putri Bos Maskapai itu Bebas
Heather Cho (tengah) setelah menjalani persidangan di Pengadilan Tinggi Seoul, Korea Selatan, Jumat (22/5). Foto: Hwang Kwang-Mo/Yonhap/Reuters

jpnn.com - SEOUL –  Cho Hyun-ah alias Heather Cho bisa tersenyum lega. Jumat (22/5) Pengadilan Tinggi Seoul menjatuhkan vonis sepuluh bulan penjara kepada putri chairman Korean Air itu atas skandal kacang tahun lalu. Tapi, hukuman tersebut baru akan diterapkan dua tahun lagi. Maka, Cho pun bebas.

Pengadilan Tinggi Seoul menyatakan bahwa perempuan 40 tahun itu tidak melanggar hukum keamanan penerbangan saat mengusir kepala kru kabin dari pesawat yang dia tumpangi pada 5 Desember lalu.

Padahal, aksi semena-mena Cho tersebut membuat jadwal penerbangan tertunda selama 20 menit. Sebab, dia memaksa pilot membawa pesawat kembali ke gerbang Bandara Internasional John F. Kennedy.

”Dia bersalah karena melakukan kekerasan terhadap kepala kru kabin. Tapi, tidak ada hukum keamanan yang dia langgar,” terang juru bicara pengadilan. Atas pertimbangan itu, Pengadilan Tinggi Seoul hanya menjatuhkan hukuman penjara sepuluh bulan. Sebelumnya, pengadilan yang berada setingkat di bawah Pengadilan Tinggi Seoul menjatuhkan vonis 12 bulan penjara.

Hakim ketua Kim Sang-hwan mengatakan bahwa Cho layak mendapatkan kesempatan kedua. Selama mendekam di tahanan, menurut dia, pebisnis Korea Selatan (Korsel) itu menunjukkan perubahan sikap yang positif.

Pertimbangan lain yang meringankan hukuman untuk Cho adalah statusnya sebagai ibu bocah kembar berusia dua tahun. Dia juga tidak pernah melakukan aksi kriminal atau kekerasan sebelumnya.

”Kehidupannya tidak akan sama lagi. Dia akan hidup dalam stigma dan kritik pedas masyarakat pascakasus ini,” papar Kim. Menurut dia, hukuman sosial itu jauh lebih berat bagi Cho.

Apalagi, karena kasus tersebut, dia harus mundur dari jabatannya sebagai wakil presiden Korean Air. Sang ayah, Cho Yang-ho, sebagai CEO Korean Air juga terkena dampak buruk kasus tersebut.

SEOUL –  Cho Hyun-ah alias Heather Cho bisa tersenyum lega. Jumat (22/5) Pengadilan Tinggi Seoul menjatuhkan vonis sepuluh bulan penjara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News