Pasangan Pacaran Sudah bikin Tabungan Bersama, Bagus gak sih?

Pasangan Pacaran Sudah bikin Tabungan Bersama, Bagus gak sih?
Ilustrasi (Dite Surendra/Jawa Pos

jpnn.com - BEBERAPA pasangan yang masih pacaran memutuskan untuk membuat tabungan bersama. Kalau lancar, itu menjadi strategi bagus untuk melakoni rumah tangga. Namun, seperti kata pepatah, sebelum janur melengkung, tetap ada kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

 

Memang, modal berumah tangga tentu harus dipersiapkan jauh hari. Agar tidak terlambat, banyak pasangan muda yang menabung sejak masih berpacaran.

Salah seorang di antaranya Gladys Claudia dan tunangannya, Zefanya Widyasmoro. Pasangan yang berpacaran sejak Mei 2013 itu memutuskan untuk membuat tabungan bersama setelah bertunangan tahun lalu.

”Kalau belum ada ikatan, ya enggak berani, haha. Semua inisiatif Mas Fanya,” ungkap Gladys. Pemikiran awalnya adalah untuk memanajemen keuangan.

Gladys merasa, pria lebih matang untuk perencanaan finansial jangka panjang, sedangkan perempuan pandai mengatur keseharian. Karena itu, mereka belajar mulai sekarang untuk berkolaborasi. Harapannya, saat menikah, mereka enggak kaget. ”Otak semua di dia. Persentase mau dipakai apa saja. Aku badannya, pelaksana,” ungkap Gladys.

Mereka mengawali dari cara yang paling sederhana, membuat rekening bersama yang kemudian diisi penghasilan masing-masing yang disisihkan. Lama-lama meningkat dengan memiliki ’’sharing account’’ secara total.

Seluruh pemasukan dikumpulkan menjadi milik bersama. ”Nanti diatur persentasenya buat apa saja. Dibagi kebutuhan sehari-hari, beli mobil, dan tabungan,” jelas gadis berusia 25 tahun itu. Urusan rumah sudah beres. Ketika memulai menabung, ada empat hal yang mereka sepakati. Yakni, tujuan harus jelas, keterbukaan, toleransi, dan pemikiran yang realistis.

BEBERAPA pasangan yang masih pacaran memutuskan untuk membuat tabungan bersama. Kalau lancar, itu menjadi strategi bagus untuk melakoni rumah tangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News