Pengungkap Beras Plastik Beber Perbedaan dengan Beras Asli, Apa Saja?

Pengungkap Beras Plastik Beber Perbedaan dengan Beras Asli, Apa Saja?
Dewi Septiani, Warga Mustikajaya, Kota Bekasi yang pertama kali menemukan kejanggalan pada beras plastik dalam diskusi bertema "Kejahatan Beras Sintetis" di Cikini, Jakarta, Sabtu (23/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Persoalan beras sintetis yang diduga mengandung plastik membuat menghebohkan masyarakat belakangan ini. Lalu bagaimana ciri-ciri beras plastik tersebut?

Adalah Dewi Septiani, Warga Mustikajaya, Kota Bekasi yang pertama kali menemukan kejanggalan pada beras plastik. Dewi pun dihadirkan pada sebuah diskusi bertema "Kejahatan Beras Sintetis" di Cikini, Jakarta, Sabtu (23/5) untuk membedakan beras plastik dengan beras asli.

Menurutnya, beras plastik jika dilihat secara kasat mata memang tidak akan terlihat jelas perbedaannya dengan beras asli. Namun, begitu ditaruh di bawah sinar matahari, perbedaan keduanya akan terlihat.

"Kalau di bawah sinar matahari terlihat jelas. Kalau yang beras diduga sintetis jelas beda karena lebih cerah, bening, dan tanpa guratan. Kalau beras asli ada guratan dan ada warna putih," katanya.

Dewi pun sempat melakukan uji coba sederhana terkait beras yang diduga sintetis tersebut. Uji coba itu dilakukan dengan cara menyetrika beras. Ternyata, beras yang diduga sintetis itu menempel begitu disetrika.

"Bahan plastik kalau dipanasi pasti menempel, meleleh, atau menciut. Di atas setrika, nanti kalau yang diduga sintetis pasti menempel," ucapnya.

Selain menempel, lanjut Dewi, beras plastik yang diseterika juga mengalami perubahan warna. "Warna berubah jadi kuning kecokelatan dan baunya kayak plastik terbakar," tandasnya.(gil/jpnn)

JAKARTA - Persoalan beras sintetis yang diduga mengandung plastik membuat menghebohkan masyarakat belakangan ini. Lalu bagaimana ciri-ciri beras


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News