Gara-Gara Suporter, PSSI Kena Sanksi AFC

Gara-Gara Suporter, PSSI Kena Sanksi AFC
Ilustrasi suporter dan flare. Foto: dkk/JPNN.com

jpnn.com - PSSI akhirnya mendapatkan sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) AFC, usai induk sepak bola Asia itu menggelar sidang pada 18-19 Mei. Penyebabnya, lagi-lagi karena ulah suporter yang sulit ditertibkan.

Sanksi diterima oleh Indonesia karena pada laga Pra Piala Asia U-23 Maret lalu, terjadi pelemparan flare ke lapangan. Itu terjadi pada laga melawan Timor Leste (27/3) dan Korea Selatan (31/3).

Salah satu sanksi bagi Indonesia adalah denda sebesar USD 20 ribu (setara Rp 267 juta). Selain itu, laga timnas Indonesia, dengan kategori pertandingan internasional level A dalam kompetisi yang digelar AFC tidak boleh disaksikan penonton.

Itu berarti saat Indonesia menjamu Irak pada Pra Piala Dunia 2018, 16 Juni mendatang, laga di Indonesia digelar tanpa penonton. AFC juga menyanksi PSSI agar menggelar laga timnas setelah itu di tempat netral. (dkk/jpnn)

Ini lima poin putusan sanksi komdis AFC untuk PSSI

1. Berdasarkan Pasal 76 Kode Disiplin AFC (Kode), PSSI diperintahkan untuk membayar denda sebesar 20 ribu dollar US/-karena melanggar Pasal 67 Kode Disiplin, dalam dua kesempatan.

2. Hal itu harus diselesaikan dalam waktu 30 hari sejak tanggal keputusan ini, serta dikomunikasikan sesuai dengan Pasal 15.3 dari Kode Disiplin.

3. Berdasarkan Pasal 33.5 Kode Disiplin, suspensi dari sanksi keputusan 031214DC04 secara otomatis dicabut dan diterapkan. Oleh karena itu, sesuai dengan Pasal 24 Kode Disiplin, PSSI diperintahkan untuk menggelar satu pertandingan tanpa penonton. Perintah ini berlaku untuk pertandingan berikutnya di kompetisi AFC yang diselenggarakan PSSI dengan melibatkan tim nasional pria level A.

PSSI akhirnya mendapatkan sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) AFC, usai induk sepak bola Asia itu menggelar sidang pada 18-19 Mei. Penyebabnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News