Tips Sederhana agar Kehamilan Sehat

Tips Sederhana agar Kehamilan Sehat
Ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - DOKTER di Rumah Sakit Permata Bunda, Tasikmalaya, dr Nanang Wibowo Sp. Og menyampaikan tips agar kehamilan sehat, sehingga persalinan lancar, bayi lahir sehat, dan ibu pun sehat.

Tips yang pertama, seorang wanita hamil harus melakukan kunjungan antenatal care (ANC). ANC ini wajib dilakukan karena memiliki banyak fungsi, seperti deteksi dini terhadap kelainan janin juga sebagai sarana edukasi pada ibu hamil.  

“ANC juga bisa sebagai perencanaan persalinan nanti, sehingga tidak bingung lagi,” ujarnya, seperti dilansir Radar Tasikmalaya (Grup JPNN).

Tips kedua, si ibu harus menjaga asupan nutrisi saat hamil. Tidak hanya untuk ibu, tapi juga untuk janinnya.

Tips ketiga, lakukan senam hamil atau olah raga selama hamil. Karena kehamilan merupakan proses yang cukup berat dan melelahkan sehingga harus disiapkan kebugaranannya. Terlebih saat kehamilan masuk usia 32 minggu atau 7 bulan masuk 8 bulan.

“Lain halnya pada saat hamil muda seorang ibu akan rajin melakukan kegiatan, namun saat perut makin besar mulai malas dan inginnya berbaring,” ujarnya.

Jika seorang ibu hamil dengan usia hamil 7-8 tidak dilatih otot atau fungsi jantung juga pernafasannya maka saat tiba waktu melahirkan dikhawatirkan mengalami kesulitan atau kelelahan.

Tips terakhir, hindari mengonsumsi makanan yang mengadung kafein, rokok, alkohol atau obat-obatan tanpa rsep dokter. “Karena tidak semua obat aman dikonsumsi ibu hamil,” ungkapnya. (siti/sam/jpnn)

DOKTER di Rumah Sakit Permata Bunda, Tasikmalaya, dr Nanang Wibowo Sp. Og menyampaikan tips agar kehamilan sehat, sehingga persalinan lancar, bayi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News