Saat Jamaah Salat Jumat sedang Sujud, Blaaarrr! Sang Raja Janji Hajar ISIS

Saat Jamaah Salat Jumat sedang Sujud, Blaaarrr! Sang Raja Janji Hajar ISIS
Warga memasuki lokasi bom bunuh diri di masjid Imam Ali, di Gatif, Arab Saudi, kemarin (24/5). Foto: Reuters/ Stringer

jpnn.com - RIYADH –  Serangan bom bunuh diri di masjid Syiah Jumat (22/5), membuat Raja Salman dari Arab Saudi berang. Kemarin (24/5) dia berjanji memberikan pembalasan serupa bagi orang-orang di balik serangan itu.

Serangan tersebut mengakibatkan 21 jamaah tewas dan 101 lainnya luka. Dua korban tewas adalah anak-anak.

Itu adalah serangan paling mematikan di Saudi selama beberapa tahun ini. Itu juga menjadi serangan pertama Islamic State of Islam and Syria (ISIS) di negeri berjuluk Petrodolar tersebut.

’’Setiap orang yang terlibat, merencanakan, mendukung, atau bersimpati terhadap kejahatan mengerikan ini harus bertanggung jawab dan menerima hukuman yang layak,’’ ujar Salman.

Pemerintah Arab Saudi menjelaskan, saat kejadian pelaku memasuki Masjid Imam Ali di Desa Al Qudaih, Provinsi Qatif. Masjid tersebut adalah milik minoritas Syiah di Saudi. Pelaku membelit tubuhnya dengan sabuk yang penuh bahan peledak.

Saat itu jamaah sedang sujud untuk menunaikan salat Jumat ketika tiba-tiba bom meledak. Korban tewas termasuk anak-anak.

Pihak ISIS mengklaim bahwa mereka adalah dalang di balik serangan itu. Pemerintah Saudi kemarin membenarkan klaim tersebut. Pelaku diidentifikasi bernama Saleh bin Abdul Rahman Saleh Qashimi. Dia merupakan penduduk Saudi yang ingin menjadi anggota ISIS. Pihak ISIS sendiri menjuluki Qashimi sebagai Abu ’Ammar Al Najdi.

’’Dia termasuk dalam daftar pencarian orang oleh badan keamanan nasional karena termasuk jaringan yang menerima perintah ISIS dari luar negeri,’’ ujar Kementerian Luar Negeri.

RIYADH –  Serangan bom bunuh diri di masjid Syiah Jumat (22/5), membuat Raja Salman dari Arab Saudi berang. Kemarin (24/5) dia berjanji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News