Ini Sejumlah Jalur Mudik yang Dipasangi CCTV

Ini Sejumlah Jalur Mudik yang Dipasangi CCTV
Ini Sejumlah Jalur Mudik yang Dipasangi CCTV

jpnn.com - BANDUNG - Dinas Perhubungan Jawa Barat melakukan berbagai persiapan jelang arus mudik 2015 ini. Kesiapan fasilitas lalu lintas pun terus digenjot untuk memperlancar arus mudik.

Kepala Dishub Jabar Dedy Taufik mengatakan, jelang mudik lebaran ini pihaknya memperbanyak fasilitas lalu lintas seperti rambu-rambu, lampu lalu lintas, penerangan jalan, hingga CCTV. Menurutnya, dalam waktu dekat Dishub Jabar akan menambah 20 CCTV pengawas lalu lintas.

"Semula 15 kamera, kini menjadi 35 kamera. CCTV ini akan terintegrasi dengan Dishub kabupaten/kota," kata Dedy di Bandung, Minggu (24/5).

Dedy berharap, CCTV tersebut bisa dipasang lebih cepat sehingga bisa membantu pengelolaan arus mudik. "Minimal dari 15 itu ditambah lima lagi lah jadi 20 titik untuk pantau kemacetan," ucapnya.

Keberadaan CCTV itu, lanjut dia,  sangat penting untuk memudahkan pengawasan. Sehingga, petugas dapat segera mengambil tindakan seperti rekayasa jalan jika terjadi kemacetan.

Lebih lanjut dia katakan, sejumlah daerah telah terpasang CCTV seperti Garut, Tasikmalaya, dan Bogor. "Sebelum munggah, semua CCTV harus sudah terpasang, dan akan diuji cobakan," katanya.

Dia menuturkan, untuk jalur selatan, nantinya CCTV akan dipasang di jalur Nagreg, pertigaan Cikoneng, Ciamis, Limbangan, Malangbong, Gentong, simpang tiga Kadipaten, Tanjung Sari-Sumedang dan Cibiru. Sedangkan di jalur utara akan dipasang di pertigaan Cikopo, pertigaan Sadang, Subang, Cikamurang, dan Palimanan.

CCTV pun, akan dipasang di Puncak, perempatan Jagorawi dan Padalarang. "CCTV ini, dibutuhkan untuk cara bertindak jarak jauh dengan mengintruksikan kepada operasional di lapangan," katanya.

BANDUNG - Dinas Perhubungan Jawa Barat melakukan berbagai persiapan jelang arus mudik 2015 ini. Kesiapan fasilitas lalu lintas pun terus digenjot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News