Si Ahli Matematika Peraih Nobel Itu Tewas Bersama Istrinya

Si Ahli Matematika Peraih Nobel Itu Tewas Bersama Istrinya
John Forbes Nash. Foto: AFP

jpnn.com - NEW JERSEY - Ahli matematika pemenang hadiah Nobel, John Nash (86) tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di New Jersey, Sabtu (23/5) waktu setempat.

Dilansir dari Reuters, Senin (25/5), kepolisian setempat mengatakan Nash dan istrinya, Alicia (82) berada dalam taksi, yang sopirnya kehilangan kendali dan menabrak kendaraan lain. Celaka, Nash dan Alicia yang kabarnya tak memakai sabuk pengaman itu terlempar dan meninggal di tempat. Sementara sopir taksi tersebut selamat.

Berita insiden ini langsung cepat tersebar. Aktor Hollywood sekelas Russell Crowe mengungkap duka mendalam di twitternya. "Sebuah kemitraan yang luar biasa. Pikiran indah, hati yang indah," tulis Crowe.

Crowe memang menganggap Nash sebagai panutannya. Dia pernah membintangi film A Beautiful Mind yang booming pada tahun 2002. Film itu menceritakan perjalanan hidup Nash. A Beautiful Mind menyabet empat Academy Awards untuk Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay dan Best Supporting Actress.

Si Ahli Matematika Peraih Nobel Itu Tewas Bersama Istrinya

Nash adalah peraih penghargaan Nobel di bidang ekonomi pada tahun 1994 untuk karyanya pada teori permainan dan pengambilan keputusan lewat ilmu matematika.

Nash lahir di Bluefield, West Virginia, AS pada 13 Juni 1928 dengan nama John Forbes Nash. Karya-karya matematikawan Amerika Serikat ini ada di bidang teori permainan, geometri diferensial, dan persamaan diferensial parsial. Teori-teorinya digunakan dalam bidang ekonomi, komputer, biologi evolusioner, kecerdasan buatan, akuntansi, politik, dan teori militer.

Menjelang akhir hayatnya, Nash sempat menjabat sebagai Peneliti Senior Matematikan di Universitas Princeton. (adk/jpnn)

NEW JERSEY - Ahli matematika pemenang hadiah Nobel, John Nash (86) tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di New Jersey, Sabtu (23/5) waktu setempat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News