Ini Kondisi Perekonomian Sejumlah Daerah

Ini Kondisi Perekonomian Sejumlah Daerah
Ini Kondisi Perekonomian Sejumlah Daerah

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah provinsi masih bisa tumbuh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Yang menarik, provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tinggi berada di luar Jawa.

Menkeu Bambang Brodjonegoro menuturkan, ada dua provinsi yang ekonominya tumbuh tinggi pada kuartal pertama. Yakni Bali dan Nusa Tenggara dengan angka pertumbuhan 9 persen.
       
"Jadi dua provinsi itu didukung faktor pariwisata dan jasa. Kedua sektor itu mendominasi pertumbuhan di kedua provinsi tersebut. Yang kedua tertinggi adalah Sulawesi dengan 7 persen. Baru Jawa dengan tingkat pertumbuhan sedikit di atas rata-rata nasional, yaitu lima persen," papar Bambang di Jakarta kemarin.
       
Lalu di posisi keempat ada Papua dan Maluku dengan masing-masing pertumbuhan empat persen. Di posisi kelima adalah Sumatra dengan tiga persen dan Kalimantan yang paling berat dengan pertumbuhan satu persen.

Dari data tersebut, bisa disimpulkan bahwa ada sejumlah provinsi yang mampu bertahan bahkan tetap tumbuh di tengah perlambatan ekonomi.
       
"Kalau lihat dari data tadi, sebenarnya Indonesia Timur masih punya peluang. Bahkan dalam kondisi perlambatan masih punya kemapuan untuk tumbuh, sehingga ada potensi investasi di sana," lanjutnya."
       
Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) tersebut menuturkan, daerah-daerah yang pertumbuhan ekonominya berada di bawah rata-rata nasional tersebut masih mengandalkan ekspor komoditas sebagai motor.

Dia mencontohkan, wilayah Kalimantan cukup mengalami tekanan ekonomi karena sangat bergantung pada komoditas seperti batu bara yang harganya merosot. Begitu pula dengan Sumatera yang mengandalkan komoditas karet dan kelapa sawit yang harganya rendah.
       
"Ini menunjukkan struktur pertumbuhan ekonomi susah berharap dari ekspor karena sangat dipengaruhi naik turunnya harga komoditas. Karena itu, daerah harus bisa keluar dari jebakan komoditas," ujarnya.
       
Salah satu wilayah yang berhasil keluar dari jebakan komoditas adalah Sulawesi. Dia menuturkan, di tengah harga-harga komoditas yang tengah tertekan, Sulawesi melakukan pengolahan atau hilirisasi. Salah satu yang diolah adalah kakao menjadi produk cokelat.

"Mereka lakukan pengolahan. Saya lihat di Makassar sudah banyak pabrik pengolahan," paparnya.
       
Dengan hilirisasi, terdapat pertumbuhan investasi di wilayah tersebut. Menurut Bambang, daerah lainnya juga harus berpikir mengandalkan investasi dalam menggerakkan perekonomian di daerah.

"Satu-satunya harapan untuk tumbuh cukup baik adalah dengan investasi. Jangan lagi hanya mengandalkan ekspor. Investasi bisa pemerintah atau swasta,"paparnya."
       
Karena itu, Bambang berharap, pemda bisa menggerakkan wilayahnya untuk menumbuhkan investasi, di samping tetap mengandalkan komoditas ekspor.

"Mudah-mudahan bisa komunikasi dengan baik dengan pemerintah daerah supaya ada porsi yang lumayan dari APBD untuk belanja modal, khususnya infrastruktur," imbuhnya. (ken/oki)

 


JAKARTA - Sejumlah provinsi masih bisa tumbuh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Yang menarik, provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tinggi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News