Ditemukan Beras Meleleh di Mataram

Ditemukan Beras Meleleh di Mataram
MELELEH: Warga menunjukkan beras yang diduga beras plastik di RT 02 Lingkungan Bawaq Bagek, Dasan Agung, Mataram, Selasa (26/5). Foto: Sirtu/Lombok Post/JPNN

jpnn.com - MATARAM -  Giliran warga RT 02 Lingkungan Bawaq Bagek, Dasan Agung, Kota Mataram, NTB, yang dihebohkan penemuan beras yang diduga beras sintetis atau plastik.

Kejadian tersebut bermula ketika Hj Sahrah mencurigai beras yang dimasak anaknya. Saat dimakan, nasi itu terasa masih mentah, namun bentuknya sudah matang dan menggumpal. "Rasanya seperti tepung mentah,” kata perempuan lansia tersebut.

Karena khawatir, Sahrah memberi tahu Ulukyah, kader posyandu di lingkungan itu. Pengaduan kemudian disampaikan kepada ketua kader posyandu setempat.

Ulukyah menerangkan, warga curiga beras tersebut beras plastik karena bentuk dan rasanya sangat aneh. Apalagi, setelah beredar berita di televisi tentang adanya beras plastik, warga takut dan meminta bantuan aparat untuk memperjelas temuan itu. ”Kami langsung melapor ke aparat terkait, ke polisi juga sudah,” ujarnya.

Ulukyah lantas menyebut beberapa ciri beras itu. Di antaranya, saat dimasak, beras sulit matang. Warga memasak sejak pagi hingga siang, sekitar pukul 11.00 Wita, baru matang. Namun, bentuknya menggumpal dan mbelenyek. Saat dimakan, nasi terasa masih mentah, padahal sudah mirip bubur.

Aparat kepolisian yang turun melakukan uji coba dengan membakar nasi tersebut. Saat dibakar, nasi terlihat meleleh, namun tidak mengeluarkan bau. Meski demikian, petugas belum berani memastikan apakah beras itu plastik atau bukan.    

Sofian, salah seorang warga, menyatakan membeli beras tersebut di kios milik Embong. Saat membeli, dia sama sekali tidak curiga karena sudah menjadi langganan. Setiap bulan dia biasa membeli 15 kilogram beras. Dia baru curiga saat akan memberi anak-anaknya sarapan.

Beras yang sudah dimasak ternyata tidak enak dan mirip bubur mentah. ”Sebelumnya tidak pernah terjadi seperti ini. Dibilang matang terasa mentah, tapi dibilang mentah sudah seperti bubur,” ungkapnya.  

MATARAM -  Giliran warga RT 02 Lingkungan Bawaq Bagek, Dasan Agung, Kota Mataram, NTB, yang dihebohkan penemuan beras yang diduga beras sintetis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News