Jokowi Lantik Wagub Papua Barat dan Kepala Bakamla

Jokowi Lantik Wagub Papua Barat dan Kepala Bakamla
Presiden Joko Widodo saat melantik Laksamana Madya Desi Albert Mamahit sebagai Kepala Bakamla di Istana Negara, Rabu (27/5). Foto: Natalia Fatimah/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua pejabat baru untuk mengisi posisi wakil gubernur Papua Barat dan kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Istana Negara Jakarta, Rabu (27/5). Dalam kesempatan itu, Jokowi melantik Irine Manibuy sebagai Wagub Papua Barat dan Laksamana  Madya Desi Albert Mamahit sebagai Kepala Bakamla.

Irine menjadi Wagub Papua Barat untuk pengganti Rahimin Katjong yang meninggal dunia pada 22 Januari 2015. Sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 38/E/ 2015, Irine akan menjabat sebagai wakil gubernur di provinsi hasil pemekaran dari Papua itu  hingga 2017.

Sebelumnya, Irine yang juga mantan anggota DPR RI itu telah ditetapkan sebagai pengganti Rahimin dalam Sidang Paripurna DPRD Papua Barat pada 28 April 2015 lalu. "Saya akan melanjutkan semua program yang sudah dijalankan almarhum (Rahimin Katjong, red) sebelumnya terkait tata kelola pemerintahan di Papua Barat," ujar Irine usai dilantik.

Sedangkan Laksamana Madya Desi Albert Mamahit sebelumnya menjadi pelaksana tugas (Plt) Kepala Bakamla. Albert adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1984. Sebelumnya, ia sudah menjadi Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla).

"Tentu tugas saya akan sesuai dengan yang diamanatkan untuk menjaga keamanan laut NKRI dan memperkuat program kemaritiman," ujar Albert usai dilantik.

Tampak hadir dalam pelantikan kedua pejabat itu antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, para ketua lembaga tinggi negara, Gubernur BI Agus Martowardojo, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Mensesneg Pratikno. (flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua pejabat baru untuk mengisi posisi wakil gubernur Papua Barat dan kepala Badan Keamanan Laut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News