Keefektifan Dana Penurunan Emisi Jutaan Dolar Pemerintah Federal Dipertanyakan

Keefektifan Dana Penurunan Emisi Jutaan Dolar Pemerintah Federal Dipertanyakan
Keefektifan Dana Penurunan Emisi Jutaan Dolar Pemerintah Federal Dipertanyakan

Pemerintah Federal Australia memberikan kontrak senilai jutaan dolar dengan perusahaan-perusahaan untuk proyek pengurangan emisi yang telah berjalan selama bertahun-tahun, menimbulkan keprihatinan kalau beberapa perusahaan menerima dana ganda sehingga target iklim tidak akan terpenuhi.

Program utama dari Kebijakan Rencana Aksi Langsung (Direct Action Plan) dari Partai Koalisi adalah proyek lelang terbalik, dimana perusahaan yang memiliki proyek yang dirancang untuk mengurangi emisi diberikan kontrak melalui Dana Penurunan Emisi.

Lelang terbalik yang dilakukan bulan lalu menggelontorkan kontrak senilai $660 juta untuk menekan emisi sebesar 5.4 juta ton per tahun agar Australia bisa mencapai target penurunan emisinya hingga tahun 2020.

Menteri Lingkungan Hidup, Greg Hunt menyebut itu merupakan hasil yang menakjubkan.

LMS Energy memenangkan kontrak yang diperkirakan nilainya lebih dari $100 juta untuk proyek gas pembuangan sampah (TPA) yang mereka lakukan.Tapi Laporan Lateline mendapati setidaknya 25 dari 28 proyek LMS itu sudah berjalan dan beberapa diantaranya bahkan telah beroperasi selama lebih dari satu dekade. Analis kemudian mempertanyakan mengapa perusahaan gas TPA diberikan dana untuk sesuatu yang sudah mereka lakukan. 

Dr Ian MacGill dari Pusat Pasar Energi dan Lingkungan Universitas New South Wales mengatakan pemerintah perlu lebih cermat mengenai semua proyek gas TPA tersebut.

"Apakah mereka layak untuk menerima Dana Pengurangan Emisi, itu pertanyaan yang sangat penting," katanya. "Saya pikir kunci untuk menjawab pertanyaan itu adalah dalam situasi seperti apa mereka bisa turut berpartisipasi, apa mereka memenuhi persyaratan itu? ""Beban pembuktian untuk proyek-proyek dan fasilitas yang menerima Dana Pengurangan Emisi harusnya cukup tinggi dan saya tidak yakin ada skema semacam itu ketika proyek ini dilaksanakan,"
 Hampir setengah dari proyek lelang terbalik penurunan emisi yang dilakukan bulan lalu diberikan kepada proyek gas TPA.


Editor Jurnal Climate Spectator , Tristan Eds mengatakan proyek TPA dapat menghasilkan aliran pendapatan dari penurunan emisi yang tidak didapatkan oleh proyek-proyek lain.

"Mereka membangkitkan listrik, mereka menghasilkan keuntungan dari listrik tersebut yang juga memungkinkan mereka menciptakan sertifikas energi terbarukan dibawa target energi terbarukan, selain itu semua ada juga kredit karbon yang mereka ciptakan karena pada dasarnya itu mencegah metan menguap ke atmosfir," katanya.

Pemerintah Federal Australia memberikan kontrak senilai jutaan dolar dengan perusahaan-perusahaan untuk proyek pengurangan emisi yang telah berjalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News