Keajaiban Seputar ASI Untuk Ibu dan Bayinya

Keajaiban Seputar ASI Untuk Ibu dan Bayinya
Keajaiban Seputar ASI Untuk Ibu dan Bayinya. Foto AFP

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Air Susu Ibu (ASI) merupakan anugerah terindah dari Tuhan yang sangat menakjubkan.

Tidak hanya manfaat yang diperoleh oleh ibu menyusui tapi juga bayi yang mendapatkan ASI.

ASI mengandung kombinasi nutrisi yang sangat sempurna bagi bayi, di mana hampir 100 jenis nutrisi yang terkandung di dalam ASI bisa berubah sesuai dengan kebutuhan bayi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute yang melibatkan 1.636 wanita dengan kanker payudara menemukan bahwa mereka yang menyusui bayi mereka adalah 30 persen lebih rendah terkena kanker payudara daripada mereka yang tidak pernah menyusui.

Penelitian ini didasarkan pada temuan sebelumnya bahwa menyusui mengurangi kesempatan keseluruhan seorang wanita terkena kanker payudara.

"Jika seorang wanita menyusui, maka hal ini akan mengurangi risiko mereka mengembangkan kanker payudara sekitar 5 sampai 10 persen, meskipun faktor-faktor lain ikut bermain," kata pemimpin studi Marilyn Kwan di Kaiser Permanente, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (25/5).

"Kami pikir ini adalah salah satu studi pertama yang meneliti peran menyusui dan kanker payudara," tambah Permanente.

Sementara setiap durasi menyusui meningkatkan prognosis dan kelangsungan hidup untuk beberapa derajat, menyusui hanya kurang dari enam bulan ternyata tidak begitu bermanfaat.

JPNN.com JAKARTA - Air Susu Ibu (ASI) merupakan anugerah terindah dari Tuhan yang sangat menakjubkan. Tidak hanya manfaat yang diperoleh oleh ibu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News