Bonus Lain dari Hematnya Biaya Haji

Bonus Lain dari Hematnya Biaya Haji
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah bukan hanya menurunkan biaya haji tahun ini. Namun Kementerian Agama juga memberikan sejumlah kemudahan lain untuk para jemaah. Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Syariffudin pemerintah telah mengubah rute penerbangan menuju Tanah Suci sehingga jemaah haji dapat berhemat. 

‎Untuk jemaah haji gelombang pertama, kata dia, akan diterbangkan dari tanah air langsung menuju Madinah dan pulang melalui Jedah. Sedangkan jamaah haji gelombang kedua akan diterbangkan dari tanah air menuju Jedah dan pulang melalui Madinah.

Melalui sistem tersebut, menurut Lukman, jemaah akan dapat menjaga stamina, sebab perjalanan darat kurang lebih 6-8 jam dari Jedah ke Madinah dan sebaliknya, dihilangkan.

"Kemudian terjadi penghematan biaya perjalanan haji dan akomodasi transit di Jeddah," kata Lukman di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/5).

Kemudian, imbuhnya, pelayanan dipastikan akan meningkat dengan cara penyediaan makan siang di Mekkah. 

"Makan dalam bentuk catering sekali sehari selama 15 hari, ini akan diberlakukan haji tahun ini," imbuh Lukman.

Pemerintah juga akan menyediakan fasilitas berupa bus shalawat. Bus ini akan beroperasi 24 jam nonstop bagi jemaah yang menginap di hotel dengan radius 2 kilometer dari Masjidil Haram. 

"‎Jadi ada peningkatan pelayanan dengan adanya sistem baru ini," tandas Lukman. (flo/jpnn).

JAKARTA - Pemerintah bukan hanya menurunkan biaya haji tahun ini. Namun Kementerian Agama juga memberikan sejumlah kemudahan lain untuk para jemaah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News