Menteri BUMN Tergelitik Hasil Uji Lab Sucofindo soal Beras Plastik

Menteri BUMN Tergelitik Hasil Uji Lab Sucofindo soal Beras Plastik
Menteri BUMN Tergelitik Hasil Uji Lab Sucofindo soal Beras Plastik

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menganggap hasil uji laboratorium PT Sucofindo atas sampel beras plastik yang berbeda dengan institusi lainnya merupakan hal aneh. Tak tanggung-tanggung, hasil uji sampel beras plastik oleh laboratorium Sucofindo itu berbeda jauh dengan lima laboratorium di institusi lain di bawah pemerintah.

Menurut Rini, dirinya sampai merasa perlu menanyakan hasil uji sampel beras yang diduga mengandung sintetis itu ke Sucofindo. Sebab, sampel beras yang diuji Sucofindo dan lima laboratorium lainnya sama.

"Saya juga menanyakan, hasilnya kenapa beda, padahal kan samplenya yang diambil sama. Di BPOM nggak ada indikasi itu. Mengapa hal ini bisa terjadi?” ujar Rini saat ditemui di Kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (28/5).

Menyikapi perbedaan hasil uji laboratorium itu, Rini meminta anak buahnya di Sucofindo untuk memberikan laporan detail terkait hasil sample beras tersebut. Ia berharap laporan itu memperjelas persoalan yang ada.

"Saya sudah minta ke Sucofindo supaya saya diberikan hasil yang detailnya seperti apa. Nanti hari Senin," katanya.

Sebelumnya, lima instansi antara lain BPOM, Pusat Laboratorium Forensik Polri, Balitbang Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Puspitek Serpong menyatakan tidak ada kandungan plastik dalam beras yang diduga sintetis. Namun, Sucofindo justru merilis hasil berbeda.

Perusahaan BUMN itu menyatakan bahwa sample beras yang diuji terbukti mengandung zat-zat berbahaya.(chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menganggap hasil uji laboratorium PT Sucofindo atas sampel beras plastik yang berbeda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News