Pasangan Anda bisa Menjadi Sumber Penyakit Darah Tinggi

Pasangan Anda bisa Menjadi Sumber Penyakit Darah Tinggi
Ilustrasi.

jpnn.com - HATI-HATILAH dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi. Tingginya tekanan darah merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung, penyakit stroke dan aneurisma arterial.

Penyebab darah tinggi bisa dari obesitas, makanan, usia dan sensitivitas terhadap garam. Namun kini ada satu lagi hal yang bisa menyebabkan Anda terkena tekanan darah tinggi, yakni stress dalam suatu hubungan.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan di University of Michigan Institute for Social Research menyelidiki hubungan antara stres, kualitas perkawinan negatif dan tekanan darah pada 1.300 orang dewasa yang hidup bersama. 

Peserta penelitian menjalani penilaian tekanan darah dan menyelesaikan kuesioner pada tahun 2006 dan 2010. Peneliti menemukan bahwa stres dan kualitas hubungan langsung memengaruhi sistem kardiovaskular dan kualitas hubungan yang negatif dikaitkan dengan tekanan darah tinggi.

"Temuan ini sangat penting karena saya menemukan bahwa bagi banyak wanita, kehamilan bisa menyebabkan mereka dan pasangan menjadi stres. Stres bisa memengaruhi sistem kardiovaskular yang bisa mengarah ke tekanan darah tinggi kronis yang berarti komplikasi bagi ibu dan bayi," kata Senior Managing Editor for Health News, Dr. Manny Alvarez, seperti dikutip dari Fox News, Kamis (28/5). (fny/jpnn)

Tips Menghindari Stres yang bisa Mengakibatkan Tekanan Darah Tinggi

1. Jangan mengkritik 

Sangat penting bagi pasangan untuk mendukung satu sama lain dan mengingat cinta yang menyebabkan mereka membangun sebuah keluarga bersama-sama.

HATI-HATILAH dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi. Tingginya tekanan darah merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News