Ini Pengumuman Penting bagi Pemudik yang Pengin Motornya Diangkut Gratis

Ini Pengumuman Penting bagi Pemudik yang Pengin Motornya Diangkut Gratis
Foto ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Layanan angkutan motor gratis bagi pemudik lebaran tahun ini kembali disiapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Rencananya, ada sekitar 12 ribu kuota yang disiapkan. Pendaftaran sendiri akan mulai dibuka pada 1 Juni 2015 nanti.

Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom) Julius Adravida (JA) Barata menyampaikan, pendaftaran dapat dilakukan melalui online maupun langsung. Untuk online, para pemudik yang ingin berpartisipasi dapat mengunjungi laman mudikgratis.dephub.go.id. Sementara, untuk pendaftaran langsung dapat mendatangi kantor Kemenhub di Jakarta Pusat.

"Online dibuka 1 Juni, satu bula. Kalau offline baru kita buka pada 15 Juni sampai 8 Juli," ungkap Barata pada Jawa Pos kemarin (28/5).

Dia melanjutkan, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi jika ingin berpartisipasi. Calon pemudik wajib membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Ijin Mengemudi (SIM), Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat mendaftar. Khusus untuk pengguna kereta, maka wajib memiliki tiket mudik yang sama dengan tujuan mudik motor. Sementara untuk kendaraan, diwajibkan memiliki standar tengah dan pegangan belakang.

Seluruh sepeda motor tersebut akan diberangkatkan dengan menggunakan tiga moda transportasi, yakni truk, kapal, dan kereta api dengan tujuan kota berbeda-beda. Untuk angkutan truk, tujuannya Tegal, Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Sementara, untuk moda Kereta Api ada beberapa stasiun tujuan meliputi stasiun Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, dan Solo Jebres.

Jika dua moda sebelumnya hanya menjangkau hingga Jawa Tengah saja, maka berbeda dengan kapal laut. Meski hanya menyasar dua kota, namun pengangkutan motor mudik ini akan sampai hingga Jawa Timur. "Kapal ada dua kota, Semarang dan Surabaya," katanya.

Selain beda tujuan, mudik motor gratis ini juga akan beda pemberangkatan. Mudik motor dengan kereta api akan start duluan, mulai 11-15 Juli 2015. Sementara, truk dan kapal baru akan diberangkatkan dua hari setelahnya pada 13 Juli. Namun, untuk pemberangkatan dengan kapal rencananya dilakukan dalam dua tahap. Pertama pada 13 Juli dan kedua pada 15 Juli 2015.

JAKARTA - Layanan angkutan motor gratis bagi pemudik lebaran tahun ini kembali disiapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Rencananya, ada sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News