Akademisi di Melbourne Bahas Islamisasi di Indonesia

Akademisi di Melbourne Bahas Islamisasi di Indonesia
Akademisi di Melbourne Bahas Islamisasi di Indonesia

Proses Islamisasi di Indonesia menjadi salah satu topik yang dibahas dalam seminar Indonesia Today yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial Monash University hari Kamis (28/5/2015) di Village Roadshow Theater di pusat kota Melbourne.

Dosen Universitas Monash, Julian Millie membahas apa yang disebut sebagai Islamisasi yang terjadi di Indonesia sekarang ini. Tema besar seminar adalah apa yang menjadi masalah paling besar dalam kehidupan di Indonesia saat ini. Bagaimana prospek dan tantangan yang dihadapi di tahun 2015 dan setelahnya.

Selain Julian Millie tampil juga dosen dari Monash lainya Prof. Greg Barton yang membahas mengenai Islam dan Demokrasi di masa pemerintahan Jokowi: persepsi, realitas dan konteksnya.

Masalah ekonomi dibahas oleh dosen dari Australian National University di Canberra, Arianto Patunru, sementara dosen asal Indonesia lainnya yang juga sekarang mengajar di ANU Ariel Heryanto membahas mengenai budaya populer yang ada di Indonesia saat ini.

Sementara itu, Antje Missbach juga dari Monash membahas mengenai kebijakan Indonesia mengenai pengungsi.

Akademisi di Melbourne Bahas Islamisasi di Indonesia
Pembicara dari kiri: Greg Barton, Julian Milie, Ariel Heryanto, Arianto Patunru, dan Antje Missbach.

 

Dalam bahasannya, Julian Millie mengatakan dibandingkan 20-30 tahun lalu, Indonesia sekarang lebih Islami. Ini bisa dilihat dari cara berpakaian para wanita Indonesia sekarang.

Proses Islamisasi di Indonesia menjadi salah satu topik yang dibahas dalam seminar Indonesia Today yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial Monash

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News