Ini Cara Pertamina Tepis Tudingan Kecurangan Pengisian Elpiji 3 Kg

Ini Cara Pertamina Tepis Tudingan Kecurangan Pengisian Elpiji 3 Kg
Stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE) di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Foto: Yessy Astrada/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Pertamina terus berupaya menangkis tudingan adanya praktik kecurangan dalam pengisian elpiji kemasan 3 kilogram seperti tudingan mantan ketua tim reformasi tata kelola migas Faisal Basri. VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro menjamin tidak ada kongkalikong antara perusahaan pelat merah itu dengan pengusaha stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE).

Demi mennagkis tudingan itu, Pertamina mengajak awak media mengunjungi salah satu SPBE di Cakung, Jakarta Timur, Jumat (29/5). Di SPBE itu Pertamina memamerkan mesin pengukur elpiji.

Pegawai di SPBE itu menunjukkan tabung-tabung gas elpiji kosong seberat 5 kg. Tabung-tabung kosong itu  kemudian diisi gas 3 kg. Setelah diisi gas, berat tabung itu menjadi 8 kg.  

"Temen-temen (awak media, red) kan sudah lihat sendiri tadi prosesnya di SPBE barusan seperti apa. Jadi pasti setelah ditimbang akan menunjukkan angka 8 kg, itu artinya tabung sudah terisi 3 kg," papar Wianda.

Mantan news anchor di stasiun televisi itu menegaskan, kecil sekali terjadi kecurangan. Pasalnya setiap SPBE dan Pertamina harus saling mencocokkan data pengeluaran dan pemasukkan dalam pengisian tabung elpiji.

"Kongkalikong tidak terjadi antara Pertamina dan pengusaha SPBE, karena kami punya pencatatannya masing-masing. Berapa yang masuk dan berapa yang keluar," tandas Wianda. (chi/jpnn)


JAKARTA - Pertamina terus berupaya menangkis tudingan adanya praktik kecurangan dalam pengisian elpiji kemasan 3 kilogram seperti tudingan mantan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News