Anak Buah Prabowo Sebut KPK Dapat Bantuan Asing

Anak Buah Prabowo Sebut KPK Dapat Bantuan Asing
Anak Buah Prabowo Sebut KPK Dapat Bantuan Asing

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai, KPK selama ini terlalu bebas beroperasi tanpa pengawasan. Padahal, ada indikasi KPK juga melakukan penyimpangan.

Fadli mengaku pernah mendapat informasi bahwa KPK menerima pendanaan dari pihak asing. Padahal, hal itu tidak pernah dibahas sebelumnya di DPR. "Konon ada bantuan asing ke KPK. Itu kan seharusnya ada persetujuan DPR. Kalau tidak itu menyalahi, korupsi," kata Fadli kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (30/5).

Menurutnya, keuangan dan kinerja KPK harus diaudit secara ketat. Dia mengusulkan dibentuknya lembaga permanen yang bertugas mengawasi KPK dari luar. Fadli juga menilai bahwa fungsi pengawasan internal KPK perlu diperkuat.

Politikus Gerindra ini mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah membuka ruang untuk mengkoreksi penetapan tersangka melalui praperadilan. Dia berpendapat, fungsi kontrol yang sama juga harus diterapkan terhadap kewenangan-kewenangan KPK lainnya.

"Untuk penetapan tersangka, mekanisme praperadilan sudah ada dari hasil MK. Kemudian masalah penyadapan dan kewenangan lain yang bertabrakan antar institusi juga harus ada fungsi kontrol," pungkasnya. (dil/jpnn)

 

 

 

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai, KPK selama ini terlalu bebas beroperasi tanpa pengawasan. Padahal, ada indikasi KPK juga melakukan penyimpangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News