Arsenal vs Aston Villa, Buru Sejarah Baru

Arsenal vs Aston Villa, Buru Sejarah Baru
AFP

jpnn.com - LONDON - Juara bertahan Arsenal berambisi menjadi tim tersukses dalam sejarah Piala FA saat mereka menghadapi Aston Villa di partai final di Stadion Wembley, nanti malam. Jika kembali keluar sebagai juara, The Gunners akan menjadi satu-satunya tim yang mengoleksi 12 trofi dalam sejarah perhelatan Piala FA.

Bermodal status sebagai juara bertahan dan materi pemain yang di atas rata-rata, Arsenal difavoritkan mampu mengalahkan Villa yang kembali berlaga di final untuk pertama kalinya sejak terakhir merasakannya pada tahun 2000 silam. Prediksi itu juga didasari fakta pertemuan kedua tim di Premier League musim ini. Dalam dua pertemuan, Arsenal mencatat kemenangan 5-0 dan 3-0 dari Villa.

Tapi prediksi itu tak bisa dijadikan patokan mutlak. Bagaimanapun, Piala FA memiliki atmosfer yang berbeda dengan kompetisi Premier League. Di Piala FA, tim-tim kecil sering membuat kejutan dengan mengalahkan tim-tim yang lebih mapan. Itu terjadi baik di partai final maupun di fase penyisihan.

Fakta tersebut dibuktikan ketika tim kecil Wigan Athletic secara mengejutkan mengalahkan raksasa Premier League Manchester City dengan skor 1-0 di final Piala FA 2012/2013. Musim ini, Villa juga menjungkirbalikkan prediksi banyak pihak ketika mereka menyingkirkan Liverpool di babak semifinal. Kejutan-kejutan semacam itu sangat mungkin terjadi dalam final nanti malam.

”Saya percaya kami akan bermain seperti saat mengalahkan Liverpool. Saya tahu, para pemain punya kemampuan dalam pertandingan dengan format satu pertemuan. Melawan Liverpool, kami berlaga di panggung besar dengan status sebagai underdogs, tapi kami pantas meraih kemenangan itu dan berharap bisa mengulanginya di final nanti,” ungkap pelatih Villa, Tim Sherwood seperti dilansir Reuters.

Villa tak akan diperkuat Aly Cissokho, Kieran Richardson dan Jores Okore akibat cedera. Namun Sherwood mendapat suntikan tenaga yang vital dengan pulihnya kiper utama Shay Given dan striker Christian Benteke yang musim mencetak 13 gol di Premier League dan dua gol di Piala FA. Benteke adalah pemain kunci di balik kemenangan Villa atas Liverpool di semifinal. Kembalinya Benteke dipastikan menjadi ancaman bagi pertahanan Arsenal.

Cedera juga menghantui skuad Arsenal. The Gunners akan bermain tanpa Danny Welbeck, Alex Oxlade-Chamberlain, Mathieu Debuchy dan kapten Mikel Arteta. Hanya saja, itu tidak akan berpengaruh banyak mengingat The Gunners memiliki stok pemain lapis kedua yang sama bagusnya dengan para pemain inti. Apalagi, mereka juga akan diperkuat pemain-pemain terbaik di lini depan seperti Theo Walcott, Alexis Sanchez, Oliver Giroud dan Mesut Ozil.

Dengan skuad penuh bintang itu, Arsenal akan semakin termotivasi untuk mencatat sejarah sebagai tim pertama di Inggris Raya yang berhasil meraih 12 Piala FA. Jika berhasil, itu juga akan mengobati kekecewaan mereka musim ini yang gagal meraih trofi Liga Champions dan Premier League. 

LONDON - Juara bertahan Arsenal berambisi menjadi tim tersukses dalam sejarah Piala FA saat mereka menghadapi Aston Villa di partai final di Stadion

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News