Banyak Variasi, Timnas Basket Putri Pede

Banyak Variasi, Timnas Basket Putri Pede
Banyak Variasi, Timnas Basket Putri Pede

jpnn.com - JAKARTA - Tim nasional basket putri menyongsong SEA Games XXVIII/2015 penuh optimisme. Pascapengerucutan 12 nama, fokus utama Wulan Ayu Ningrum dkk kini adalah mematangkan skema permainan tim.

Pekan depan timnas basket putri akan bertolak ke Singapura. Walau menjalani pertandingan pertama masih 9 Juni mendatang, skua akan bertolak pada 5 Juni mendatang. Tiba lebih awal diharapkan mampu memberikan waktu adaptasi yang lebih lama.

Pelatih timnas basket putri Bambang Asdianto mengatakan ada perbaikan pertahanan. Setelah pekan lalu menyerap zone defense dari "pelatih tamu" asal Korea Selatan Kim Dong-won, kini ilmu anak asuhnya makin beragam.

"Jadi buat zone defense kita sudah ada beberapa pola. Dengan dua sampai tiga pemain yang jadi patokan akan lebih mudah buat yang lain memahami pertandingan akan berjalan seperti apa," sebut Coach Mbing, sapaan Bambang Asdianto.

Dalam kacamata Coach Mbing, starting five skuadnya pun sudah terbentuk. Yakni Wulan Ayu Ningrum (SG), Marlina Hermawan (PG), Natasha Debby Cristaline (SG), Yuni Anggraeini (PF), dan Gabriel Sophia (C).

"Tapi kita sudah siapkan senjata-senjata rahasia kita kalu terdesak. Ada Astri (Rohtriastari,red.), Yosi (Yosiana Rosemary,red.), dan Dita (Agustin Elya Gradita Retong,red.). Jadi, kami lebih siap sekarang," ucap Coach Mbing.

Di sisi lain, menurut shooting guard timnas basket putri Wulan kunci zone defense yang diajarkan Mr.Kim, sapaan Kim Dong-won, adalah di sisi stamina. Kalau fisik tak memenuhi, maka ilmu dari Mr.Kim percuma.

"Kami harus bisa merotasi posisi secepat mungkin. Jadi pembacaan situasi di lapangan antar pemain kunci juga harus akurat," ucap pemain asal Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta tersebut. Mengenai target perunggu, Wulan pede hasil itu bisa tercapai.

JAKARTA - Tim nasional basket putri menyongsong SEA Games XXVIII/2015 penuh optimisme. Pascapengerucutan 12 nama, fokus utama Wulan Ayu Ningrum dkk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News