Gila kan? Sangat Pesat Surabaya Ini

Gila kan? Sangat Pesat Surabaya Ini
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Foto JPNN.com

jpnn.com - Minggu (31/5), Kota  Surabaya, Jawa Timur berulang tahun ke-722. Di usianya yang mendekati tujuh seperempat abad, banyak perkembangan yang dirasakan masyarakat.

Baik dari sisi pelayanan kesehatan, pendidikan, ruang terbuka  hijau  (RTH) dan pelayanan publik. Dengan menyandang status sebagai ibu kota provinsi Jatim plus kota metropolitan kedua setelah Jakarta, Surabaya tentu juga harus dilihat dari sisi  perekonomiannya.

Tidak sedikit industri asal Kota Pahlawan yang go national,  bahkan go international.  Itu berarti pula bahwa produk  perusahaan asal Surabaya sudah  dikenal di pelosok  Indonesia.
 
Karena itu, tak salah jika Surabaya mendeklarasikan diri sebagai kota jasa dan perdagangan sejak beberapa tahun terakhir.

Beberapa  hari  lalu  Wartawan Radar  Surabaya (Jawa Pos Group), Fatimatuz Zahroh berbincang  dengan Wali  Kota  Surabaya Tri Rismaharini tentang perekonomian Kota Surabaya. Tepatnya soal investasi dan kiprah pemkot bagi investor.

Di antaranya, bicara tentang upaya Pemkot Surabaya memberikan daya dukung di sektor jasa dan perdagangan. Berikut petikan perbincangannya:

Banyak  perusahaan  asal  Surabaya yang sudah go national, bahkan go international. Apa sih yang dilakukan pemkot sehingga Surabaya menjadi pilihan untuk mengembangkan usaha?

Ya,  kami  memang  berupaya untuk tidak pernah mempersulit investor untuk melakukan usaha di Surabaya. Kami (pemerintah) memberikan  fasilitas  perizinan yang mudah dan transparan. Ini membuat  mereka  nyaman  dan aman.  

Kami  juga  memberikan hak  dan  kewajiban  pada  setiap pengusaha atau investor yang menanamkan investasi di Surabaya. Baik jasa maupun perdagangan.

Minggu (31/5), Kota  Surabaya, Jawa Timur berulang tahun ke-722. Di usianya yang mendekati tujuh seperempat abad, banyak perkembangan yang dirasakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News