Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Kalau Ingin Sanksi Dicabut FIFA

Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Kalau Ingin Sanksi Dicabut FIFA
Ilustrasi.

jpnn.com - SURAT resmi FIFA terkait sanksi untuk PSSI sejatinya sudah dikeluarkan induk organisasi sepak bola dunia itu sejak FIFA sejak pukul 15.00 Sabtu (30/5) siang. Namun, PSSI mengakui melakukan lobi agar surat keputusan itu, memberikan jaminan bagi eksistensi Timnas.

"Negosiasi membolehkan dua hal, Timnas main di SEA Games dan kursus lisensi C AFC bisa lanjut," kata Waketum PSSI Erwin Dwi Budiawan saat dihubungi, Sabtu (30/5) malam.

Namun, sumber dalam PSSI menyebut lobi juga dilakukan, agar memastikan bahwa poin-poin dengan syarat kalau PSSI ingin lepas sanksi tercantumkan dalam surat FIFA.

Memang, dalam surat resmi FIFA, disebutkan ada 4 syarat jika PSSI ingin lepas dari sanksi FIFA. Syarat itu adalah, pertama: exco PSSI kembali mengatur sepak bola Indonesia secara independen tanpa adanya campur tangan dari pihak lain, termasuk kementrian dan agennya.

Kedua, pengelolaan tim nasional diberikan kepada PSSI. Ketiga, tanggung jawab seluruh kompetisi PSSI diberikan kepada otoritas PSSI dan bidang-bidang di bawahnya. Terakhir, seluruh klub yang diberi lisensi PSSI sesuai dengan Peraturan Lisensi Klub PSSI harus bisa bertanding di kompetisi PSSI.

Dalam surat yang ditandatangani Sekjen FIFA Jerome Valcke tersebut, tenggat sanksi yang diberikan kepada Indonesia memang tak dijelaskan. (dkk/jpnn)


SURAT resmi FIFA terkait sanksi untuk PSSI sejatinya sudah dikeluarkan induk organisasi sepak bola dunia itu sejak FIFA sejak pukul 15.00 Sabtu (30/5)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News