Warga Muslim Australia Bantu Imigran Rohingya di Aceh

Warga Muslim Australia Bantu Imigran Rohingya di Aceh
Imigran Rohingya di Aceh. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - LHOKSEUMAWE - Lembaga sosial Aussi Relief dari Australia menyatakan bakal menyalurkan bantuan kemanusian dalam jumlah yang besar kepada seluruh imigran Rohingya yang ada di Aceh.

Bantuan itu akan diberikan dalam waktu dekat, yang bersumber dari sumbangan masyarakat muslim Negeri Kangguru tersebut.
 
"Ini kunjungan pertama ke Aceh Utara. Tahap awal kami akan melakukan pendataan kebutuhan para pengungsi, selanjutnya kami akan datang kembali dengan bantuan yang lebih besar,” ungkap Thomas Taufik, pekerja Aussi Relief dalam jumpat pers di Masjid Baiturrahman, Lhokseumawe, kemarin.
 
Bersama rekan timnya Fuad Barhum dan pengurus Aussi Relief Indonesia, Thomas menjelaskan, kedatangan mereka ke Aceh Utara tidak semata-mata memberikan bantuan, tetapi juga membawa misi kemanusian yang lebih besar yakni untuk meyakinkan pemerintah Australia untuk menerima Imigran Rohingya yang ingin mencari suaka ke sana.
 
“Kami akan merekam kondisi pengungsi dan bahan itu akan kami sampaikan ke pemerintah Australia melalui perlemen, bahwasanya Aceh saja menerima pengungsi kenapa Australia yang begitu besar dan negara besar masih menolak imigran Rohingya,” sebut Fuad Barhum dengan bahasa Indonesia yang kurang fasih.
 
Setelah menginap semalam di Lhokseumawe, tim yang berjumlah 10 orang tersebut berangkat ke lokasi pengungsi di Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang Aceh Utara pada Sabtu (30/5) sekitar pukul 5.30 WIB.  

Di sana Thomas dan Fuad menyerahkan bantuan berupa, pakaian dalam wanita dan pria, perangkat mandi, sarung, serta beberapa bantuan lainnya.
 
Kemudian sekitar pukul 9.00 WIB, rombongan mengungjungi LPTQ Aceh Utara di Kota Lhoksukon, setelah itu langsung  bertolak ke bandara Malikussaleh untuk kembali ke Jakarta dan berjanji akan kembali pada awal Ramadhan nanti sebagai lanjutan dari kunjungan pertama ini. (sjm)

 

LHOKSEUMAWE - Lembaga sosial Aussi Relief dari Australia menyatakan bakal menyalurkan bantuan kemanusian dalam jumlah yang besar kepada seluruh imigran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News