Wow... Suami Bisa Cuti Tiga Bulan Menyambut Kelahiran Anak

Wow... Suami Bisa Cuti Tiga Bulan Menyambut Kelahiran Anak
Ilustrasi

jpnn.com - STOCKHOLM - Pemerintah Swedia kini sedang merancang sebuah kebijakan baru yakni memberi cuti tiga bulan kepada kaum ayah dalam menyambut kelahiran anaknya. Langkah maju menyamakan cuti orangtua ini disebut sebagai upaya kesetaraan gender.

Menurut Sveriges Radio, radio Swedia berbahasa Inggris mengatakan Partai Kiri negara tersebut berharap agar pasangan yang baru menjadi orang tua bisa mendapatkan cuti pribadi lebih lama.

Pemerintah telah mengajukan rancangan peraturan untuk memperpanjang cuti ayah untuk tiga bulan. Diyakini rancangan itu akan mendapat persetujuan dari aggota parlemen.

Wow... Suami Bisa Cuti Tiga Bulan Menyambut Kelahiran Anak

Annika Strandhall

Menteri Urusan Sosial Swedia, Annika Strandhall mengatakan sudah 13 tahun sejak cuti dua bulan diperkenalkan. Partai Kiri mengatakan akan mendorong supaya cuti ayah dan ibu sama. 

Kaum Ayah di Swedia menyambut gembira dan menghargai kebijakan tersebut.

Saat ini, orang tua yang baru menimang bayi pertama diberi cuti 16 bulan, termasuk dua bulan untuk bapak. Ini diberlakukan sejak 2002. Sebelum itu, lelaki yang menyambut kelahiran anaknya hanya diberi cuti sebulan.

STOCKHOLM - Pemerintah Swedia kini sedang merancang sebuah kebijakan baru yakni memberi cuti tiga bulan kepada kaum ayah dalam menyambut kelahiran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News