Mau Berhaji, Tunggu 17 Tahun Lagi

Mau Berhaji, Tunggu 17 Tahun Lagi
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - MATARAM - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Burhanul Islam meminta jamaah calon haji (JCH) yang sudah pernah berhaji harus bersabar. Menurutnya, berdasarkan peraturan Menteri Agama, mereka yang sudah berhaji harus menunggu sekitar 17 tahun lagi untuk berangkat haji. 

“Hal ini dilakukan untuk memprioritaskan calon jamaah yang belum berhaji sama sekali,” kata Burhanul Islam.

Dia menilai, tingginya animo warga Kota Mataram yang ingin berhaji tidak sebanding dengan kuota haji yang tersedia. Tak heran, tiap tahun antrean calon jamaah semakin panjang. Karena itu, Kemenag lantas memprioritaskan jamaah yang belum berhaji sama sekali. 

Dipaparkan, kuota haji untuk Indonesia masih tetap 158.800 orang. Kuota ini berkurang 20 persen dari jumlah awal sebesar 226.000 jamaah. Hal ini dikarenakan adanya perbaikan Masjidilharam Makah. Sedangkan kuota haji untuk Mataram pada pemberangkatan tahun ini sebanyak 476 orang. 

Calon jamaah tersebar di beberapa kecamatan. Dari Ampenan 83 orang, Sekarbela 58 orang, Mataram 126 orang, Selaparang 102 orang, Cakranegara 58 orang, dan Sandubaya 49 orang. Jumlah ini masih perkiraan, sehingga ada kemungkinan terjadi perubahan. 

“Jumlah pasti jamaah yang diberangkatkan akan diketahui setelah pelunasan ONH,” ujar Burhanul. 

Dijelaskan, pelunasan ONH dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai 1-30 Juni, tahap kedua 7 Juli-13 Juli. Sedangkan tahap ketiga sepuluh hari sebelum penutupan pembuatan visa. “Biaya haji sebesar USD 2.962, atau turun sekitar USD 509 dibanding tahun lalu,” ungkapnya. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengingatkan para jamaah mulai mempersiapkan diri. Meski musim haji masih berlangsung beberapa bulan lagi, persiapan sebaiknya mulai dilakukan, terutama persiapan fisik dan mental.

MATARAM - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Burhanul Islam meminta jamaah calon haji (JCH) yang sudah pernah berhaji harus bersabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News