Hindari Kebocoran Soal SBM PTN 2015, Panitia Jamin Pembuatannya Rapi

Hindari Kebocoran Soal SBM PTN 2015, Panitia Jamin Pembuatannya Rapi
Hindari Kebocoran Soal SBM PTN 2015, Panitia Jamin Pembuatannya Rapi. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA - Koordinator pelaksanaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM PTN) 2015, Danang  Tandyonomanu mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya kebocoran soal pada seleksi penerimaan mahasiswa.

Karenanya kata dia, prosedur pembuatan soal SBM PTN berlangsung rapi. Sebab, mulai dulu hingga sekarang, tidak ada  satu  pun  panitia  lokal  yang  mengetahui pembuat dan percetakan naskah soal.

Panitia pusat mengondisikan agar pembuat naskah soal dirahasiakan. Selain itu, ketika proses pembuatan naskah soal, tim pembuat naskah soal dilarang  membawa handphone atau laptop.  

Tim mengacak dan membuat standardisasi  soal  sehingga  pembuat naskah tidak akan tahu soal mana yang akan dipakai dalam tes SBM PTN.

Pengamanan lainnya, ada empat kode soal dalam satu amplop atau dalam satu kelas. Danang pun  menyatakan  bahkan pihaknya sudah merancang agar tes berlangsung aman dan tertib.

Misalnya, ada batasan jarak tempat duduk. Jarak tempat duduk ke samping kanan dan kiri adalah 80 cm, sedangkan jarak ke depan dan belakang adalah 60 cm.

”Ini (jarak tempat duduk) kajian akademis. Jarak pandang mata hanya bisa melihat 80 ke kanan kiri serta ke belakang depan 60 cm,” kata Danang seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Minggu (31/5). (han/jee/awa/jpnn)


JPNN.com SURABAYA - Koordinator pelaksanaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM PTN) 2015, Danang  Tandyonomanu mengatakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News