Begini Cara Rektor Baru Jadikan Unair Setara dengan Harvard

Begini Cara Rektor Baru Jadikan Unair Setara dengan Harvard
SUARA BULAT: Prof Nasih terpilih sebanyak 19 anggota MWA yang hadir mutlak memilih sebagai rektor Unair periode 2015–2020. (Guslan Gumilang/Jawa Pos)

jpnn.com - PROF Dr Moh. Nasih SE MT Ak akhirnya terpilih menjadi Rektor Universitas Airlangga Surabaya. Mantan direktur keuangan Unair itu akan dilantik Selasa (16/6) atau satu hari setelah masa jabatan Prof Dr Fasich Apt, rektor yang lama habis. 

Menjadi rektor baru, Nasih siap dengan visi dan misi. Program unggulannya adalah menjadikan Unair sebagai university holding. Dia memiliki target besar. Yaitu, menyetarakan Unair dengan Universitas Harvard, AS. ”Jumlah lulusan serta kapabilitas setara. Tinggal bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan,” tegas Nasih.

Dalam satu tahun pertama, dia concern meneruskan pekerjaan Fasich. Salah satunya adalah meningkatkan peringkat Unair dalam 500 besar universitas terbaik dunia. Untuk mencapai itu, Nasih akan gigih meningkatkan penelitian.

Menurut dia, Unair memiliki potensi besar dalam bidang penelitian, tapi masih kurang publikasi. ”Sampai saat ini, hanya sekitar 600. Sangat kurang jika dibandingkan dengan universitas lain yang mencapai ribuan,” jelas laki-laki yang genap berusia 50 tahun pada 6 Agustus mendatang itu.

Nasih yakin bahwa penelitian Unair dapat terus berkembang. Publikasi penelitian secara intens digalakkan. Menurut dia, produk penelitian berpotensi menjadi salah satu sumber pendapatan Unair. 

Dia mencontohkan produk teh hijau Prof Djoko. ”Itu harus dikembangkan hingga jadi produk yang layak dipasarkan dan dapat memberikan penghasilan untuk Unair,” terang laki-laki penyuka pindang itu.

Konsep itulah yang dimaksud sebagai university holding. Tidak hanya bergantung pada dana APBN, tapi dapat mandiri dengan penghasilan intern dari produk penelitian. ”Konsep ini pasti dapat menekan biaya kuliah mahasiswa. Tujuan utama semua itu pastinya untuk mahasiswa,” tegasnya. (bri/c11/ayi)

PROF Dr Moh. Nasih SE MT Ak akhirnya terpilih menjadi Rektor Universitas Airlangga Surabaya. Mantan direktur keuangan Unair itu akan dilantik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News